Comscore Tracker

Mendikbud: Kepala Sekolah Bisa Atur Dana BOS untuk Beli Kuota Guru

Yeai! Berlaku juga untuk biaya internet siswa

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, mengumumkan bahwa dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020 boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan kuota bagi guru dan siswa selama pandemik COVID-19. Keputusan tersebut diharapkan dapat menunjang kegiatan pembelajaran daring yang sedang berlangsung.

"Dana BOS itu bisa digunakan sekarang untuk membeli kuota untuk guru dan untuk murid-muridnya," kata Nadiem dalam Bincang Sore bertajuk "Peluncuran Program Edukasi Belajar dari Rumah" yang disiarkan lewat kanal YouTube Kemendikbud RI pada Kamis (9/4).

1. Dana BOS boleh diadaptasi penggunaannya selama masa krisis

Mendikbud: Kepala Sekolah Bisa Atur Dana BOS untuk Beli Kuota Guruilustrasi belajar online (IDN Times/Mela Hapsari)

Guna menunjang sistem pembelajaran daring yang saat ini terpaksa diterapkan lantaran pandemi COVID-19 belum juga usai, Nadiem menyebutkan dana BOS dapat diadaptasi untuk digunakan memenuhi kebutuhan kuota bagi guru dan murid. Dia mengatakan pihaknya menyadari keterbatasan ekonomi menjadi salah satu kendala untuk memenuhi kebutuhan kuota internet untuk mengikuti pembelajaran daring.

"Dana BOS boleh digunakan, diadaptasi untuk bisa selama masa krisis ini untuk membeli kuota kepada para guru dan siswa," kata Nadiem dalam paparannya.

Pemerintah memang telah mengimbau untuk masyarakat berdiam di rumah dengan menggaungkan kegiatan bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah.

Baca Juga: Nadiem Minta Pengajar Membimbing Siswa, Bukan hanya Memberikan Tugas 

2. Harus atas persetujuan dari kepala sekolah

Mendikbud: Kepala Sekolah Bisa Atur Dana BOS untuk Beli Kuota GuruTwitter.com/kemendikbud_RI

Nadiem menegaskan, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hanya memiliki hak untuk menentukan untuk apa saja dana BOS boleh digunakan. Perihal berapa anggaran yang digunakan untuk tiap keperluan, seluruhnya dikembalikan kepada wewenang kepala sekolah.

Dana BOS yang keluar nantinya, menurut Nadiem, tetap harus lewat persetujuan kepala sekolah. Maka, Mendikbud mengatakan diperlukan koordinasi antar guru dan juga koordinasi dari guru kepada kepala sekolah.

"Itu adalah diskresi tiap kepala sekolah," kata Nadiem.

3. Tidak ada aturan mengenai jumlah biaya yang boleh dikeluarkan oleh tiap sekolah

Mendikbud: Kepala Sekolah Bisa Atur Dana BOS untuk Beli Kuota GuruMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Tidak ada aturan mengenai berapa jumlah biaya yang boleh dikeluarkan oleh tiap sekolah dari dana BOS untuk menunjang penyediaan kuota internet untuk guru dan siswa.

"Kan sudah (dana BOS) dikeluarkan, yang belum menerima sedang kami kaji," kata Nadiem.

"Dana BOS itu terserah kepala sekolah bagaimana mengalokasikannya," kata Nadiem.

Dia membenarkan ada aturan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud terkait hal ini, namun tidak mengatur jumlah nominal dana yang boleh dikeluarkan.

Baca Juga: Nadiem Makarim: Belajar dari Rumah Bisa Lewat TVRI, Gratis Mulai Senin

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya