Comscore Tracker

Pemerintah Segera Tetapkan Kurikulum Darurat Selama Pandemik COVID-19 

Akan terjadi penyederhanaan dan perampingan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan segera meluncurkan kurikulum darurat di tengah pandemik COVID-19. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Nantinya kurikulum pendidikan disederhanakan secara dramatis.

"Alhamdulillah sebentar lagi, akhirnya dalam waktu beberapa hari ke depan, kami akan memunculkan kurikulum COVID, kurikulum darurat," kata Nadiem saat menjadi bintang tamu di acara Mata Najwa yang ditayangkan di Trans 7, Rabu (5/8/2020) malam.

1. Akan fokus pada kompetensi inti para siswa

Pemerintah Segera Tetapkan Kurikulum Darurat Selama Pandemik COVID-19 Ilustrasi PJJ dengan akses gratis CloudX Conference (IDN Times/Dokumen)

Kurikulum darurat atau kurikulum COVID-19 dikeluarkan untuk menjawab tantangan yang didesakkan masyarakat kepada Kemendikbud sejak pandemik COVID-19 terjadi. Nadiem mengatakan kurikulum baru ini akan berfokus pada kompetensi inti para siswa.

"Semua standar pencapaian yang tadinya sangat merepotkan guru untuk beradaptasi karena dikejar tayang kurikulum, jadi semakin ramping dan fokus kepada kompetensi inti dan dasar yang benar-benar fondasi," kata Mas Menteri, begitu Nadiem akrab disapa.

2. Modul-modul khusus didesain untuk di rumah

Pemerintah Segera Tetapkan Kurikulum Darurat Selama Pandemik COVID-19 Ilustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Kurikulum darurat ini menurut Nadiem akan tersedia mulai jenjang SD, SMP, dan SMA. Bahkan bagi jenjang SD, yang menurut Nadiem paling sulit menerapkan pembelajaran jarak jauh, telah disiapkan modul-modul belajar dari rumah.

"Modul-modul ini khusus didesain untuk di rumah, dengan ada bagian partisipasi orangtuanya dan bagaimana guru membimbing," kata Nadiem. "Tapi sifatnya adalah modul-modul belajar di rumah," imbuhnya.

3. Dipastikan bisa diterapkan dalam sistem pembelajaran jarak jauh

Pemerintah Segera Tetapkan Kurikulum Darurat Selama Pandemik COVID-19 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan proogram Merdeka Belajar: Kampus Merdeka (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Nadiem menyampaikan kurikulum darurat hanya akan meliputi hal-hal yang esensial sehingga para guru akan lebih percaya diri saat menerapkan kurikulum anyar ini.

"Sehingga yang tadinya harus semua yang di-cover oleh guru-guru kita, sekarang terfokus kepada yang benar-benar esensial," jelasnya. Nadiem juga memastikan kurikulum baru ini bisa diterapkan dalam sistem pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga: Jokowi Marahin Para Menteri Lagi, Gimana Nih Pak Erick dan Mas Nadiem?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya