Comscore Tracker

AHY: Lebaran Kami Tanpa Bu Ani Hampa

Pertama kalinya tanpa sang memo

Jakarta, IDN Times - Keluarga Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menjalani Lebaran kali pertama tanpa kehadiran Ani Yudhoyono. Ani mengembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (1/6) di National University Hospital (NUH), Singapura, tepat empat hari sebelum Hari Raya Idulfitri.

Menjalani Lebaran pertama tanpa kehadiran ibunda, putra sulung SBY dan Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sedikit mengeluarkan curahan hatinya. Ia mengaku kekosongan dan kehampaan dirasakan keluarga besar Yudhoyono.

1. Lebaran terasa tak lengkap bagi AHY

AHY: Lebaran Kami Tanpa Bu Ani HampaDok. Istimewa/IDN Times

"Ini merupakan Lebaran pertama di mana keluarga kami tidak lengkap," kata AHY ketika ditemui awak media usai bersilaturahmi ke Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo, di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu (5/6).

"Ada sesuatu yang hampa di hati kami masing-masing. Tentu diselimuti rasa kehilangan, tapi juga secara bersamaan kami juga semakin mengikhlaskan bahwa Ibu Ani, almarhumah, insyallah sudah di tempat yang jauh lebih baik dan lebih bahagia sambil terus kita mendoakan semoga kami sekeluarga ini bisa tegar dan bisa menjalani kehidupan baru tanpa Ibu Ani," lanjut AHY.

Baca Juga: Ziarah ke TMP Kalibata, Keluarga SBY Kenakan Batik Pilihan Ibu Ani

2. Sudah berziarah ke makam Ibu Ani

AHY: Lebaran Kami Tanpa Bu Ani HampaDok. Istimewa/IDN Times

Sebelum melakukan silaturahmi ke Istana Negara, AHY bercerita bahwa ia dan keluarga sudah terlebih dahulu berziarah ke makam Ani Yudhoyono.

"Tadi pagi kami berempat, sama putra-putri kami, melaksanakan Salat Idulfitri di Cikeas. Kemudian setelah itu langsung ziarah ke TMP untuk menjenguk sekaligus mendoakan ibu Ani Yudhoyono yang baru saja wafat," kata AHY.

"Memang ini adalah sebuah lembaran baru bagi kami," tambahnya lagi dengan raut kesedihan terpancar di wajahnya.

3. Pakai baju batik pilihan Ani Yudhoyono

AHY: Lebaran Kami Tanpa Bu Ani HampaDok. Istimewa/IDN Times

Keluarga Yudhoyono tiba di TMP Kalibata dengan mengenakan seragam kain batik hitam bergambar burung phoenix. Kain ini merupakan kain pilihan Ani Yudhoyono jauh hari sebelum kanker darah menggerogoti tubuhnya.

AHY dan Ibas tampak kompak mengenakan kain batik tersebut sebagai atasan kemeja. Penampilan keduanya dilengkapi dengan celana panjang bahan berwarna hitam.

Sedangkan Annisa Yudhoyono dan Aliya Yudhoyono, sang menantu, kompak menggunakan kain batik tersebut sebagai bawahan. Untuk atasan, keduanya memenuhi permintaan Ani untuk mengenakan atasan berwarna putih gading.

4. Halalbihalal ke Istana Negara

AHY: Lebaran Kami Tanpa Bu Ani HampaIDN Times/Margith Juita Damanik

Meski datang sedikit terlambat dibanding sejumlah tokoh dan pejabat negara yang hadir dalam open house yang diadakan Presiden Jokowi di Istana Negara, kedatangan AHY bersama istrinya, Annisa Pohan Yudhoyono, adiknya Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan istri Ibas, Aliya Rajasa Yudhoyono, disambut baik oleh Jokowi, ibu negara Iriana Widodo, dan putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep.

"Saya, Mas Ibas, Mbak Annisa, dan Mbak Aliya datang ke Istana Negara untuk melakukan silaturahmi dengan bapak Presiden Jokowi, ibu Iriana dan putra beliau, tadi ada Mas Kaesang," kata AHY.

AHY mengaku datang bersilaturahmi ke Istana Negara menjadi salah satu tradisi keluarga Yudhoyono.

"Tahun lalu kami datang ke Istana Bogor, dua tahun sebelumnya juga datang ke sini juga, dan tahun ini juga meski sedikit terlambat karena tadi harus ziarah dulu, tapi saya berterima kasih Pak Presiden dan Ibu Negara menerima kami dengan sangat baik. Dengan suasananya sangat kekeluargaan, saya tahu beliau persiapan menuju Solo," jelas AHY.

Setelah bersilaturahmi dengan keluarga Jokowi, kedua putra dan menantu SBY dan Ibu Ani diketahui bersilaturahmi pula ke keluarga Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie dan keluarga Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Kesetiaan dan Ketegaran, Kesan Terdalam AHY akan Memo Tercinta

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You