Comscore Tracker

Niqab Squad, Komunitas Muslimah Unik dengan Puluhan Ribu Anggota

Anggotanya capai 44,3 ribu

Jakarta, IDN Times - Para pengguna cadar sempat merasa resah dengan pernyataan Menteri Agama, Fachrul Razi beberapa waktu lalu. Saat itu, Fachrul melontarkan larangan bercadar dan bercelana cingkrang di instansi pemerintahan. 

Wajar jika pernyataan itu menjadi pro kontra. Maklum, jumlah pengguna cadar di Indonesia juga kian banyak. Bahkan, ada perkumpulan perempuan pengguna cara berbusana seperti ini, namanya Niqab Squad. Seperti apa Niqab Squad? Simak penelusuran IDN Times berikut ini: 

Baca Juga: Pakai Cadar saat Bekerja, Perawat RSUD Margono di Purwokerto Dimutasi

1. Menjadi komunitas pemersatu muslimah bercadar

Niqab Squad, Komunitas Muslimah Unik dengan Puluhan Ribu AnggotaDok. Niqab Squad

Komunitas Niqab Squad berdiri sejak 2016. Dilansir dari situs resmi Niqab Squad, https://Niqabsquad.org, dijelaskan bahwa komunitas ini adalah sarana pemersatu muslimah yang telah bercadar dan ingin bercadar.

Komunitas ini menerima siapa pun menajdi anggotanya tanpa memandang latar belakang seseorang. "Untuk memperkuat ukhuwah islamiah," tulis situs resmi Niqab Squad.

2. Untuk menepis anggapan muslimah bercadar kaku dan tertutup

Niqab Squad, Komunitas Muslimah Unik dengan Puluhan Ribu AnggotaIDN Times/Istimewa

Niqab Squad didirikan oleh Indadari dan sahabat-sahabatnya. Mereka membentuk beberapa divisi, mulai dari Divisi Konseling, Sosial, Pendidikan, Muamalah, Rohani, Jasmani, hingga Fashion.

Komunitas ini dibentuk untuk menepis anggapan yang menilai muslimah yang sudah hijrah dan menggunakan cadar, mempunyai perilaku tertutup dan kaku terhadap muslimah lainnya.

3. Kegiatan Niqab Squad

Niqab Squad, Komunitas Muslimah Unik dengan Puluhan Ribu AnggotaANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Niqab Squad memiliki beberapa kegiatan dalam komunitas mereka. Misalnya pengajian, kegiatan amal berupa aksi sosial, dan kegiatan penumbuhan ekonomi dan kreatif berupa kerja sama dalam bisnis.

"Tentunya tanpa meninggalkan tugas utama seorang muslimah yang dijalankan sesuai tuntunan Alquran dan Sunnah," tulis situs resmi Niqab Squad.

4. Memiliki 44,3 ribu pengikut

Niqab Squad, Komunitas Muslimah Unik dengan Puluhan Ribu AnggotaInstagram/Niqabsquad_official

Di akun Instagramnya, @niqabsquad_official, telah memiliki 44,3 ribu pengikut. Komunitas cadar Indonesia ini juga terlihat sering melaksanakan kegiatan.

Saat gempa Palu, komunitas ini pernah membuka donasi bertajuk "Kita Peduli Palu". Selain itu, Niqab Squad tak jarang membagikan ayat-ayat motivasi, pengingat, dan renungan.

Komunitas ini juga secara resmi telah memiliki yayasan sendiri, yakni Yayasan Niqab Squad. Yayasan ini diresmikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI pada 8 Oktober 2018.

https://www.youtube.com/embed/zNCsRVWCyZI

Baca Juga: Klarifikasi Menag Soal Cadar dan Celana Cingkrang yang Kontroversial

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You