Mengenal Tokoh-tokoh di Balik Sumpah Pemuda, Ada Kakek Dian Sastro!

Ada juga tokoh berdarah Tionghoa

Jakarta, IDN Times - Hari ini atau 93 tahun yang lalu menjadi momen bersejarah penting bagi kebangkitan pemuda di Tanah Air, yakni terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda diperingati pasca-pelaksanaan Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres tersebut adalah gerakan pemuda Indonesia yang melahirkan buah-buah keputusan yang memuat ikrar terwujudnya cita-cita berdirinya Indonesia. Penting bagi generasi muda mengenal tokoh-tokoh Sumpah Pemuda, agar memberikan inspirasi dan membangkitkan semangat kepemudaan sekarang ini.  

Siapa saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam lahirnya Sumpah Pemuda?

1. Soegondo Djojopoespito

Mengenal Tokoh-tokoh di Balik Sumpah Pemuda, Ada Kakek Dian Sastro!(Museum Sumpah Pemuda) ANTARA FOTO/Ganang Aditama

Soegondo adalah sosok pemuda yang memimpin Kongres Pemuda II serta menghasilkan Sumpah Pemuda.

Atas jasanya, pria kelahiran Tuban, Jawa Timur, ini mendapat penghargaan dengan diabadikan namanya di Gedung Pertemuan Pemuda sebagi Wisma Soegondo Djojopoespito Cibubur oleh pihak Kemenpora pada 12 Juli 2012.

2. Muhammad Yamin

Mengenal Tokoh-tokoh di Balik Sumpah Pemuda, Ada Kakek Dian Sastro!(Museum Sumpah Pemuda) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Muhammad Yamin merupakan salah satu pencetus Kongres Pemuda II, dia diposisikan menjadi sekretaris.

Pria kelahiran Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat ini juga merupakan salah satu perintis puisi modern Indonesia dan pelopor Sumpah Pemuda.

3. Soenario Sastrowardoyo

Mengenal Tokoh-tokoh di Balik Sumpah Pemuda, Ada Kakek Dian Sastro!(Museum Sumpah Pemuda di Jakarta) ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Soenario Sastrowardoyo adalah penasihat Kongres Pemuda II. Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur tersebut merupakan kakek dari selebritas kondang tanah air, Dian Sastrowardoyo.

Semasa hidupnya, ia aktif menjadi pengacara dan menjadi aktivis yang banyak berurusan dengan para politisi Hindia Belanda.

Dalam Kongres Pemuda II, dia menjadi pembicara dengan makalah "Pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia".

Baca Juga: Sosok-sosok Perempuan Tangguh di Balik Sumpah Pemuda

4. Wage Rudolf Soepratman

Mengenal Tokoh-tokoh di Balik Sumpah Pemuda, Ada Kakek Dian Sastro!(Museum Sumpah Pemuda) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Nama WR Soepratman mungkin lebih dikenal dengan lagu ciptaannya Indonesia Raya, namun ternyata ia juga aktif dalam Kongres Pemuda II.

Pada momen sejarah pergerakan pemuda ini, ia memperdengarkan lagu Indonesia Raya dengan memainkan biola. Penggunaan biola dilakukan karena Kongres Pemuda II kala itu dijaga polisi Hindia Belanda.

5. Sie Kong Liong

Mengenal Tokoh-tokoh di Balik Sumpah Pemuda, Ada Kakek Dian Sastro!(kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Sie Kong Liong adalah sosok berdarah Tionghoa yang berada di balik Sumpah Pemuda. Pemondokan miliknya ia relakan menjadi tempat berkumpul dan menyelenggarakan Kongres Sumpah Pemuda II.

Kini pemondokan tersebut menjadi Museum Sumpah Pemuda. Pemondokan tersebut dijadikan museum oleh Pemda DKI Jakarta pada masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin, setelah dipugar dan diresmikan pada 3 April hingga 20 Mei 1973.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Fakta-fakta Tentang Sejarah Sumpah Pemuda 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Rochmanudin
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Bella Manoban
  • Sunariyah
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya