Comscore Tracker

Prosedur Lengkap Jadi Warga Negara Kanada, Ada yang Berminat?

Pelajari dulu baik-baik ya

Jakarta, IDN Times - Pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja menuai banyak protes dari berbagai kalangan. Masyarakat pun banyak yang bersuara, termasuk di media sosial. Bahkan ada pembicaraan ingin berganti kewarganegaraan.

Kanada disebut-sebut jadi salah satu tempat yang dinilai paling pas untuk berpindah kewarganegaraan. Bagaimana ya syarat dan prosedurnya, rumitkah? Bagi kamu yang berminat, bisa simak di bawah ini prosedur lengkapnya.

1. Harus tinggal di Kanada selama 3 atau 5 tahun terakhir

Prosedur Lengkap Jadi Warga Negara Kanada, Ada yang Berminat?forbes.com

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kanada yakni canada.ca, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Salah satunya adalah kamu wajib melamar supaya memenuhi syarat sebagai warga negara Kanada, di mana setidaknya harus tinggal di Kanada selama 3 atau 5 tahun terakhir. Kemudian, kamu juga harus sudah memenuhi pajak, lulus tes kewarganegaraan, dan mampu menunjukkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar, terutama bahasa Inggris dan Prancis.

Namun, karena saat ini pandemik COVID-19 masih berlangsung, proses pengajuan kewarganegaraan Kanada akan memakan waktu 12 bulan. Waktu tersebut sudah termasuk tes, wawancara, hingga upacara perpindahan kewarganegaraan.

Baca Juga: Ingin Pindah Kewarganegaraan ke Selandia Baru? Ini Syaratnya

2. Tentukan paket aplikasi yang dipilih

Prosedur Lengkap Jadi Warga Negara Kanada, Ada yang Berminat?ANTARA FOTO/Moch Asim

Lalu bagaimana cara mengajukan perpindahan kewarganegaraan di Kanada? Ada beberapa paket aplikasi yang disediakan Pemerintah Kanada, berikut beberapa contohnya:

  • Dewasa (usia 18 atau lebih).
  • Orang tua (atau wali) yang mendaftarkan anak (usia di bawah 18 tahun).
  • Anak berusia di bawah 18 tahun tanpa orang tua asal Kanada dan mendaftar sendiri.
  • Usia dewasa yang bertugas sebagai angkatan bersenjata di Kanada.
  • Serta orang tanpa kewarganegaraan yang lahir dari orang tua kanada.

Selain itu, untuk mengajukan kewarganegaraan kita perlu membayar biaya aplikasi.

3. Lolos seleksi tes dan wawancara

Prosedur Lengkap Jadi Warga Negara Kanada, Ada yang Berminat?Seorang pelayan di Mamma Martino's Restaurant melayani pelanggan setelah restoran makan di tempat, gim dan bioskop dibuka kembali dalam fase ke-3 dari peraturan larangan penyakit virus korona (COVID-19) di Toronto, Ontario, Kanada, Jumat (31/7/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Osorio)

Selanjutnya, pelamar paspor Kanada akan mengikuti tes untuk bisa menjadi warga negara Kanada. Setiap tes juga akan berbeda, tergantung siapa yang melamarnya. Tidak semua kategori pelamar akan melewati sesi wawancara.

Tes akan berisi kemampuan seseorang memahami Kanada, di mana ada 20 pertanyaan tentang hak dan tanggung jawab orang Kanada serta berbagai hal mulai dari sejarah, geografi, ekonomi, pemerintah, hukum, dan simbol negara.

Tes bisa dipelajari melalui beberapa format, baik itu daring, suara, atau mengunduh file PDF dan buku elektronik. Tes akan dilakukan dalam Bahasa Inggris dan memakan waktu selama 20 menit. Perlu 15 jawaban yang benar untuk bisa lulus tes ini.

Setelah semua proses dilakukan, seseorang akan menjalani upacara kewarganegaraan. Nah di saat ini, warga negara Kanada yang baru saja mendapatkan paspor barunya akan menyanyikan lagu kebangsaan Kanada yakni O Canada.

Baca Juga: Begini Tata Cara Pindah Kewarganegaraan Asing

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya