Tugas Pertama Jadi Mensos, Risma akan Fokus Benahi Bansos

Risma akan memperbaiki data penerima bansos

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah melantik Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial (Mensos) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020). Setelah dilantik, Risma menyampaikan sambutan pertamanya sebagai menteri.

Dalam tugas pertamanya, Risma ingin membenahi bantuan sosial agar terealisasi di triwulan IV. Ia menargetkan bantuan sosial (bansos) akan turun di minggu pertama bulan Januari.

“Karena ini juga berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional, karena itu kami harus bekerja keras. Sehingga minggu pertama bulan Januari yang untuk 2021 bisa segera tersampaikan kepada penerima bantuan,” kata Risma di Istana Negara yang disiarkan langsung lewat YouTube Sekretariat Presiden.

1. Risma akan menggandeng kepala daerah dan perguruan tinggi

Tugas Pertama Jadi Mensos, Risma akan Fokus Benahi BansosMenteri Sosial Tri Rismaharini saat diwawancarai di ruang kerja wali kota Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Selanjutnya Risma juga akan membenahi bansos agar memiliki implikasi atau mempunyai dampak langsung yang terukur kepada kesejahteraan masyarakat. Ia akan menggandeng gubernur, kepala daerah dan perguruan tinggi setempat yang mengetahui persis bagaimana permasalahan-permasalahan di daerahnya.

“Kemudian kami juga harus mengantisipasi karena sesuai dengan ramalan BMKG akan terjadi setelah curah hujan yang tinggi La Nina maka akan ada El Nino, di mana kemarau ini sangat tinggi. Itu tentunya akan berimplikasi pada hasil-hasil produk pertanian dan yang lain. Sehingga itu yang harus diimbangi supaya tidak terjadi kelaparan,” ujar Risma.

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Mensos, Risma: Saya Tidak Pernah Membayangkan

2. Risma juga akan memperbaiki data bansos

Tugas Pertama Jadi Mensos, Risma akan Fokus Benahi BansosIDN Times/Kevin Handoko

Selain itu, Risma mengatakan perlunya perbaikan data penerima bansos. Oleh karena itu, Kemensos kata Risma, akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Karena memang ya pasti akan ada selisih, karena hari ini di-update maka hari ini pula ada yang meninggal dan pindah dan sebagainya. Nah itu yang harus kita terus tangani day to day,” kata dia.

3. Bansos akan disalurkan secara transparan

Tugas Pertama Jadi Mensos, Risma akan Fokus Benahi BansosWali Kota Surabaya Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Semua proses bantuan sosial ia pastikan dilakukan secara transparan dan tidak akan lagi cash atau tunai dalam bentuk apapaun, tapi Risma akan menggunakan semua transaksi secara elektronik.

“Dan juga masukan-masukan dari daerah kami akan gunakan elektronik yang cepat sehingga perbaikan-perbaikan data bisa segara kami lakukan. Dengan demikian efektivitas akan tercapai,” ujar dia.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Tunjuk Risma Jadi Menteri Sosial

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya