Comscore Tracker

Prabowo Dilaporkan Kasus Makar, BPN Tentukan Sikap Dalam Waktu Dekat

Laporan ini bahkan sudah ada surat perintahnya

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, menjadi terlapor kasus dugaan makar oleh Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya. Hal tersebut tertuang dalam Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus dugaan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara alias makar yang diterbitkan pada 17 Mei.

Penetapan Prabowo sebagai terlapor yang mulai disidik dalam kasus makar itu dibenarkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

"Kami sudah terima, dikirim tadi pukul 01.30 WIB. Salinan itu akan kami pelajari dan kaji lebih dalam untuk kemudian memutuskan langkah-langkah yang diambil atas SPDP yang kami terima tersebut," kata Dasco, Selasa (21/5).

Menurut isi salinan SPDP itu, pasal yang dituduhkan kepada Prabowo adalah pasal 107 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dan/atau pasal 110 junto pasal 87 dan/atau pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan/atau pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

Penyidik menyatakan Prabowo bersama-sama dengan Eggi sudjana diduga melakukan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara atau makar dan/atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat, dan/atau menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau tidak lengkap.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Vasco Ruseimy juga membenarkan adanya SPDP kasus dugaan makar atas nama Prabowo tersebut.

Vasco mengatakan pihak BPN juga sudah menerima salinan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) laporan dugaan makar yang dilayangkan untuk Ketua Umum Partai Gerindra itu. "Tadi malam jam 2 pagi," tulis Vasco kepada IDN Times menyebutkan waktu BPN menerima SPDP.

Vasco menyebutkan pihak BPN akan mengambil langkah untuk menindaklanjuti laporan tersebut. "Dalam waktu dekat, BPN akan segera menentukan sikap mengenai Hal ini," tutup Vasco.

Baca Juga: KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang Pilpres, Bagaimana Nasib Demokrat?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You