Comscore Tracker

Wacana Pemblokiran Situs Indo XXI, Benarkah Filmnya Bajakan?

Siapa yang sering nonton film bioskop di situs ini?

Jakarta, IDN Times - IndoXXI (Lite) termasuk satu dari ribuan situs dan domain yang diwacanakan bakal diblokir karena ilegal atau bajakan. Namun Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, langsung buka suara soal rencana pemblokiran terhadap situs streaming tersebut. Menurut Johnny, pihaknya tidak bisa begitu saja melakukan pemblokiran.

"Tidak bisa seenaknya blokir memblokir. Dibilang bajak, apa benar membajak? Apa bukan? Kan harus lihat dulu. Tidak bisa Kominfo saja," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (23/12).

1. Pemblokiran bisa dilakukan setelah ada pembahasan bersama instansi terkait

Wacana Pemblokiran Situs Indo XXI, Benarkah Filmnya Bajakan?Menkominfo Johnny G Plate memberikan keterangan pers di Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat 6 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Johnny mengatakan, pemblokiran bisa dilakukan apabila telah berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian Republik Indonesia, serta instansi terkait lainnya. Dari hasil koordinasi tersebut, nantinya bisa diputuskan apakah situs tersebut benar-benar melanggar hukum. 

"Harus kerja sama dengan yang lain apakah kepolisian, BSSN, lalu yang lain untuk memastikan apa benar ini melanggar hukum? Itu yang diblokir," tuturnya. 

2. Johnny tegaskan pemerintah bakal menindak tegas situs yang melanggar hukum

Wacana Pemblokiran Situs Indo XXI, Benarkah Filmnya Bajakan?Menkominfo Johnny G Plate saat ditemui di JX International Surabaya, Sabtu (23/11). IDN Times/Fitria Madia

Pria yang pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRRI) periode 2014-2019 ini menegaskan, pemerintah bakal menindak tegas situs-situs yang melanggar hukum. Apalagi jika hal itu berkaitan dengan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). 

"Kalau dispesifik sedang diperiksa dulu. Kominfo kalau langgar aturan ya tertib," tegasnya.

3. Indo XXI menjadi situs streaming yang populer digunakan oleh 35 persen pengguna ISD

Wacana Pemblokiran Situs Indo XXI, Benarkah Filmnya Bajakan?pexels.com/pixabay

Dari hasil survei YouGov, 63 persen konsumen daring atau online di Indonesia menonton situs streaming atau situs torrent. Situs IndoXXI (Lite) menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh 35 persen pengguna ISD.

Situs tersebut populer lantaran menawarkan banyak film bioskop yang bisa ditonton secara gratis. Apa tanggapanmu terkait wacana pemblokiran Indo XXI?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya