Situs Indo XXI Mau Diblokir, Menkominfo: Gak Bisa Seenaknya Blokir

Pemblokiran masih tahap pembahasan, gimana menurutmu?

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate buka suara soal rencana pemblokiran terhadap situs web streaming bajakan atau ilegal, seperti IndoXXI (Lite) serta ribuan situs dan domain ilegal lainnya. Menurut Johnny, pihaknya tidak bisa begitu saja melakukan pemblokiran. 

"Tidak bisa seenaknya blokir memblokir. Dibilang bajak, apa benar membajak? Apa bukan? Kan harus lihat dulu. Tidak bisa Kominfo saja," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (23/12).

1. Pemblokiran bisa dilakukan setelah dibahas bersama dengan instansi terkait

Situs Indo XXI Mau Diblokir, Menkominfo: Gak Bisa Seenaknya BlokirMenkominfo Johnny G Plate memberikan keterangan pers di Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat 6 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Johnny mengatakan, pemblokiran bisa dilakukan apabila telah dilakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian Republik Indonesia serta instansi terkait lainnya. Dari hasil koordinasi tersebut nantinya bisa diputuskan apakah situs tersebut benar-benar melanggar hukum. 

"Harus kerja sama dengan yang lain apakah kepolisian, BSSN, lalu yang lain untuk memastikan apa benar ini melanggar hukum? Itu yang diblokir," tuturnya. 

Baca Juga: Pemblokiran Internet di Papua Digugat, Menkominfo: Nanti Kita Lihat

2. Johnny tegaskan pemerintah bakal tindak pelanggar hukum

Situs Indo XXI Mau Diblokir, Menkominfo: Gak Bisa Seenaknya BlokirMenkominfo Johnny G Plate saat ditemui di JX International Surabaya, Sabtu (23/11). IDN Times/Fitria Madia

Pria yang pernah menjadi anggota DPR periode 2014-2019 ini menegaskan bahwa pemerintah bakal menindak tegas situs-situs yang melanggar hukum. Apalagi hal tersebut berkaitan dengan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). 

"Kalau di spesifik sedang diperiksa dulu. Kominfo kalau langgar aturan ya tertib," tegasnya.

3. Indo XXI situs streaming populer

Situs Indo XXI Mau Diblokir, Menkominfo: Gak Bisa Seenaknya Blokirpexels.com/pixabay

Berdasarkan survei dari YouGov menemukan hampir dua per tiga atau 63 persen konsumen daring atau online di Indonesia menonton situs web streaming atau situs torrent. Situs IndoXXI (Lite) menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh 35 persen pengguna ISD.

Situs tersebut populer lantaran menawarkan banyak film bioskop yang bisa ditonton gratis dengan kualitas yang baik. 

Baca Juga: Menkominfo: Helmy Yahya Masih Dirut TVRI

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya