Ini Penyebab WNA Jepang Pembawa Virus Corona di Depok Lolos di Bandara

Warga Depok tahu terinfeksi virus corona dari info WN Jepang

Jakarta, IDN Times - Dua warga negara Indonesia (WNI) yang terdiri dari ibu (64) dan anak (31) dinyatakan positif terinfeksi virus corona COVID-19. Mereka diketahui tertular virus mematikan asal Wuhan, Tiongkok itu dari seorang warga negara Jepang yang diketahui sahabat WNI tersebut.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan kenapa WNA Jepang itu lolos dari pemeriksaan thermal scanner yang ada di bandara. Menurut dia, WNA Jepang tersebut ke Indonesia tanpa menunjukkan gejala.

"Dia minum obat. Itu gak terdeteksi. Ketahuan setelah mendarat di Malaysia," ujar Terawan dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Senin (2/3).

Sebagai informasi, kejadian ini bermula saat korban yang berusia 31 tahun berdansa dengan WNA Jepang itu pada 14 Februari 2020.

"Tanggal 16 (Februari) dia batuk-batuk sehingga rawat jalan ke rumah sakit. Rawat jalan ke rumah sakit, kemudian pulang, masih gak nyaman. Kalau gak salah 26 Februari 2020 dia minta dirawat aja lah wong batuknya gak ilang-ilang, kemudian dirawat," kata Terawan.

Dua hari kemudian, lanjut Terawan, sahabatnya yang merupakan orang Jepang tersebut menghubungi WNI itu. Ia memberitahu bahwa dirinya dirawat di Malaysia dan dinyatakan positif virus corona.

"Kemudian (WNI) memberitahukan ke yang merawat, meskipun sudah memberitahukan ke yang merawat sebagai orang dalam pengawasan (ODP) dia pasien dalam pemantauan. Sehingga teman-teman dokter yang ada di RS itu sudah menyiapkan peralatannya begitu dianggap pasien dalam pemantauan," jelas dia.

"Jadi saya meralat, (infonya) bukan dari Kemenkes Malaysia, ternyata dari temannya itu sendiri," sambung Terawan.

Selanjutnya, WNI tersebut memberikan informasi kepada tim dokter yang merawatnya pada 29 Februari 2020. Sehari kemudian, WNI tersebut dipindahkan ke RSPI Sulianti Saroso.

"Tanggal 1 tiba di sini dan cek. Hasilnya tadi pagi dan dikasih tahu bahwa tracking sudah jalan, sehingga si cewek ini bersama ibunya yang usia 64 kita cek di sini. Kalau saat ini baik. Batuk sekali-sekali," tegasnya.

Ini Penyebab WNA Jepang Pembawa Virus Corona di Depok Lolos di BandaraInfografik cuci tangan untuk menghindari virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)
https://www.youtube.com/embed/2BlyV2Dv894

Baca Juga: Anies: 39 Orang di Jakarta Masih Diawasi Terkait Virus Corona

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya