Comscore Tracker

Iseng Memaki Orang Pakai Masker di Mal, Putu Arimbawa Kini Menyesal

Silakan kamu tanggapi kasus dengan bijak ya

Surabaya, IDN Times - Seorang pria di Surabaya tengah viral videonya beberapa hari ini. Ia mengunggah video sambil memaki-maki para pengunjung mal di kawasan Surabaya, dan menyebut mereka yang bermasker bodoh. Video berdurasi 34 detik tersebut lantas viral. Ia sendiri tidak memakai masker selama di dalam mal tersebut.

"Orang-orang tolol nih lihat. Kenapa anda tolol sekali. Wong (orang) goblok, wong goblok. Akeh wong goblok (banyak orang goblok) gak pakai masker," katanya dalam video itu.

Ia juga membuat narasi tentang masker dan virus:

"Banyak orang tolol pakai masker 🤣 blok goblok! Fungsi masker anda apa cok? Lek wedi virus bangun bungker blok ojok nang mall."

Pria tersebut bernama Putu Arimbawa (28). Ia mendapatkan sanksi berupa kerja sosial di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) karena melanggar protokol kesehatan (Prokes). Berikut ini ulasan selengkapnya:

1. Pelanggarannya masuk kategori berat karena juga ikut melakukan provokator

Iseng Memaki Orang Pakai Masker di Mal, Putu Arimbawa Kini MenyesalPutu Arimbawa (tengah), pria tak bermasker yang viral saat konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (4/5/2021). Dok Istimewa

Kepala Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Surabaya, Eddy Christianto, menyebutkan perilaku Putu Arimbawa termasuk dalam pelanggaran berat prokes. Sebab ia tak hanya melakukan pelanggaran prokes saja, tetapi juga ada unsur ajakan provokator.

"Karena mereka mengajak atau memengaruhi masyarakat tidak pakai masker di masa pandemik ada unsur ajakan provokator teehadap masyarakat yang sudah patuh," kata Eddy, Selasa (4/5/2021).

2. Dihukum kerja sosial untuk menimbulkan rasa empati

Iseng Memaki Orang Pakai Masker di Mal, Putu Arimbawa Kini MenyesalPria di Surabaya yang viral karena mengejek pemakai masker. (Berbagai Sumber)

Pihaknya lalu menjatuhi hukuman sanksi berupa denda administrasi sebesar Rp150 ribu, dan kerja sosial di Liponsos Surabaya selama 24 jam kepada Putu Arimbawa.

"Mas Putu akan kami ajak ke liponsos agar tahu bagaimana melayani PMKS bagai warga yang terlantar atau terkena gangguan jiwa mulai dari makan menjaga kebersihan tujuannya untuk menimbulkan rasa empati. Kita harus lebih bersyukur diberi kesehatan," jelas Eddy.

Baca Juga: Viral Pria Mengumpat Pengunjung Mal yang Bermasker, Diburu Polisi

3. Putu siap menjalankan sanksinya

Iseng Memaki Orang Pakai Masker di Mal, Putu Arimbawa Kini MenyesalPutu Arimbawa (tengah), pria tak bermasker yang viral saat konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (4/5/2021). Dok Istimewa

Putu Arimbawa terus menunduk ketika mendengar sanksi itu dan menyatakan diri siap menerimanya.

"Saya siap," sebutnya singkat.

Putu Arimbawa mengaku iseng melakukan hal itu. Awalnya ia memakai msker ketika mendatangi mal tersebut. Namun begitu sampai di dalam, maskernya dilepas. Kemudian merekam aksinya yang sedang tidak memakai masker di dalam mal yang ramai, sambil mengutarakan opininya.

"Awalnya pakai masker waktu di dalam saya lepas. Awalnya iseng ingin beropini aja begitu mengenai penggunaan masker," katanya ketika konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (4/5/2021).

Ia juga mengakui tak sepenuhnya percaya COVID-19 dan segala peraturan yang dibuat untuk mencegah penularan. Karena itu ia mempertanyakan pemakaian masker dan menganggap hal itu adalah perbuatan yang bodoh.

"Saya masih abu-abu masalah corona. Itu hanya opini saya. Selebihnya tahu saya bahwa corona itu ada," tambahnya.

Sekarang Putu Arimbawa menyesali perbuatannya. Ia meminta maaf, terutama kepada para pihak yang tersinggung atas perkataannya.

"Saya menyesali kata-kata yang saya ucapkan memang tidak pantas. Saya menyesali, Pak. Saya meminta maaf kepada seluruh warga Indonesia yang sudah melihat instastory saya, terutama warga Surabaya. Semua masyarakat yang sudah patuh terhadap prokes."

Baca Juga: Pria Tak Bermasker di Mal Tertangkap, Satgas: Tindak Tegas Biar Jera!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya