Comscore Tracker

Gilang 'Bungkus' Jarik Diperiksa Polisi, Pasrah Dibawa ke Surabaya

Kasus Gilang sampai melibatkan ahli ITE

Surabaya, IDN Times - Gilang Aprilian Nugraha Pratama alias Gilang "Bungkus" dijemput dari rumahnya di Kapuas, Kalimangan Tengah. Ia langsung diterbangkan ke Surabaya untuk menjalani pemeriksaan, pada Jumat (7/8/2020) pagi. Pria yang diduga melakukan pelecehan seksual fetish bungkus jarik dimintai keterangan di ruang pemeriksan Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Baca Juga: Kasusnya Trending Topic, Ini 15 Jenis Fetish Teraneh dan Menyeramkan

1. Keterangan Gilang dan para korban akan dicocokkan dulu sebelum gelar perkara

Gilang 'Bungkus' Jarik Diperiksa Polisi, Pasrah Dibawa ke SurabayaKorban Gilang, Fetish Kain Jarik yang Viral di Twitter. Twitter.com

Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Arief Ryzki Wicaksana, membenarkan hal ini ketika dihubungi oleh IDN Times, Jumat (7/8/2020). Gilang dibawa ke Surabaya bersama kuasa hukumnya. Polisi juga telah meminta keterangan dari korban-korban yang melapor. Keterangan antara Gilang dan korban akan dicocokkan terlebih dahulu. Setelah itu, polisi baru akan melakukan gelar perkara.

"Sekarang lagi diperiksa, di ruang Resmob," ujar Arief saat dihubungi IDN Times, Jumat (7/8/2020).

2. Gilang tidak melakukan perlawanan ketika dibawa polisi dari kediamannya

Gilang 'Bungkus' Jarik Diperiksa Polisi, Pasrah Dibawa ke SurabayaTwitter.com

Arief menyebutkan, Gilang pasrah ketika dan tidak melakukan perlawanan ketika ditemui oleh polisi di kediamannya. Sepanjang perjalanan dari Kapuas ke Surabaya, ia juga bersikap kooperatif.

"Yang bersangkutan kooperatif. Ke sini (Surabaya) hanya didampingi kuasa hukumnya saja," lanjut Arief.

Baca Juga: Resmi DO, Kosan Gilang di Surabaya Digeledah Polisi

3. Gilang masih diperiksa polisi

Gilang 'Bungkus' Jarik Diperiksa Polisi, Pasrah Dibawa ke SurabayaKanit Resmob Polrestabes Surabaya Iptu Arief Ryzki Wicaksana saat konferensi pers, Kamis (23/1). IDN Times/Fitria Madia

Saat ini Gilang masih diperiksa oleh penyidik. Arief belum memastikan apakah Gilang akan ditahan atau tidak.

"Kalau untuk ditahan kami harus gelar perkara dulu. Untuk saat ini belum," pungkas alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 2013 tersebut.

4. Total ada empat orang yang melapor sebagai korban Gilang

Gilang 'Bungkus' Jarik Diperiksa Polisi, Pasrah Dibawa ke SurabayaIlustrasi tersangka (IDN Times/Bagus F)

Awalnya baru tiga orang yang mengaku sebagai korban Gilang. Lalu ada tambahan satu orang lagi yang melapor sebagai korban di Polrestabes Surabaya, pada Jumat (7/8/2020).

"Sekarang jumlah saksi ada sembilan, empat di antaranya saksi korban," lanjut Arief.

5. Kasus Gilang melibatkan saksi ahli ITE

Gilang 'Bungkus' Jarik Diperiksa Polisi, Pasrah Dibawa ke Surabaya(Twitter.com/ @m_fikris)

Keempat korban tersebut memiliki latar belakang yang berbeda. Ada yang kenal Gilang lantaran pernah jadi teman satu kampus. Ada pula mahasiswa dari kampus lain yang tidak mengenal Gilang secara langsung.

"Semuanya laki-laki," imbuh Arief.

Kasus ini juga melibatkan saksi ahli. Satu di antaranya saksi ahli ITE. Pasalnya, kasus Gilang dinilai dapat masuk dalam pidana pelanggaran UU ITE.

"Kami ke ahli ITE. Sama ahli bahasa juga terkait chatting korban apakah merujuk ke pelecehan seksual," tutur polisi berlatar belakang Brimob tersebut.

Selain itu, polisi juga meminta pihak Unair sebagai saksi, untuk memastikan apakah Gilang benar-benar melakukan penelitian yang berkaitan dengan bungkus membungkus manusia hidup.

"Selain itu, saat ini kami juga masih meminta keterangan yang bersangkutan (Gilang). Masih diperiksa di ruang Resmob," tutup Arief.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya