WhatsApp Aktivis Mirah Sumirat Diretas, Akibat Menolak UU Cipta Kerja?

Mirah akan terus berjuang meski WA-nya dihadang

Jakarta, IDN Times - Aktivis buruh Mirah Sumirat mendapat serangan dari hacker yang mengakibatkan aplikasi WhatsApp di telepon selularnya tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia) itu, melalui akun Twitter pribadinya, @m_mirah, mengunggah gambar yang ada di aplikasi WhatsApp miliknya yang saat ini sudah tidak lagi digunakan.

Baca Juga: Omnibus Law UU Cipta Kerja: Ambisi Jokowi Sejak Dilantik Presiden

1. WhatsApp Mirah tak dapat digunakan sejak 7 Oktober 2020

WhatsApp Aktivis Mirah Sumirat Diretas, Akibat Menolak UU Cipta Kerja?Cuitan Mirah Sumirat soal aplikasi WhatsApp nya yang diretas (Twitter,com/m_mirah)

Dalam unggahan tersebut tertulis, "Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon yang lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda".

Mirah pun langsung memberikan informasi tersebut kepada rekan-rekannya, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang mengatasnamakan dirinya melalui pesan WhatsApp itu.

"Seluruh saudara & sahabat bagi yg memiliki nomor HP saya,baik seluler & whatsAp bahwa saat ini nomer tersebut tdk lagi dlm kendali saya sejak rabu tanggal 7 okt 2020, jam 20.21wib
Jika ada yg menghubungi mengatasnamakan nama & nomer saya,maka sepenuhnya bukan tanggungjawab saya,” cuit Mirah, Selasa, 7 Oktober 2020.

2. Mirah akan terus berjuang meski WA dihadang

WhatsApp Aktivis Mirah Sumirat Diretas, Akibat Menolak UU Cipta Kerja?Cuitan Mirah Sumirat soal aplikasi WhatsApp nya yang diretas (Twitter,com/m_mirah)

Mirah menduga, kejadian tersebut menimpa dirinya lantaran dalam beberapa waktu belakangan ini, ia kerap menentang disahkannya Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) menjadi undang-undang, oleh DPR pada Senin, 5 Oktober 2020.

"Dan saya akan Terus berjuang sampai menang meski WA di hadang #SemangatPagi,” tulis dia, lagi.

3. Warganet menilai rezim hari ini anti-kritik

WhatsApp Aktivis Mirah Sumirat Diretas, Akibat Menolak UU Cipta Kerja?Presiden ASPEK Indonesia, Mirah Sumirat (Instagram.com/mirahsumirat)

Menanggapi cuitan tersebut, warganet pun mengungkapkan kegeramannya. Seperti akun @teguhsd menilai bahwa rezim pemerintahan hari ini anti-kritik.

"Tidak hanya mic yg dimatikan, nomer WA pun di hack dan diambil alih dengan paksa.... ini rezim apaan she,” tulis @teguhsd membalas cuitan Mirah.

"Ketua serikat sebaiknya didampingi pengamanan yg ketat,” tulis akun @agrisya_mulia.

Baca Juga: Hari Ini Puncak Demo Penolakan UU Cipta Kerja, Buruh Geruduk DPR? 

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya