[UPDATE] Virus Corona Sudah Renggut 2.858 Jiwa, di Iran Jadi 26 Orang

36.498 lainnya berhasil disembuhkan

Jakarta, IDN Times - Jumlah korban tewas akibat virus Corona (COVID-19) terus bertambah. Data terbaru Center for Systems Science and Engineering (CSSE) John Hopkins University, Amerika Serikat mencatat ada 2.858 orang meninggal dunia hingga Jumat siang (28/2) dari 83.342 orang yang positif terkena virus Corona.

CSSE juga mencatat sebanyak 36.498 orang yang terpapar virus tersebut berhasil disembuhkan. Korban meninggal terbanyak masih dari Provinsi Hubei, Tiongkok, yakni sebanyak 2.682 orang. Kota Wuhan yang menjadi episentrum penyebaran virus berada di provinsi ini.

1. Iran jadi negara kedua dengan korban meninggal terbanyak setelah Tiongkok

[UPDATE] Virus Corona Sudah Renggut 2.858 Jiwa, di Iran Jadi 26 Orang(Ilustrasi warga di Iran beraktivitas di tengah ancaman wabah virus corona) EPA

Nomor dua korban tewas terbanyak di negara Iran. Tercatat 26 orang meninggal dunia. Disusul wilayah Henan di Tiongkok. Sebanyak 20 orang dilaporkan meninggal dunia. Selanjutnya di negara Italia dengan korban meninggal 17 orang. Lalu Heilongjiang, Tiongkok, yang mencatat korban meninggal 13 orang. Sedangkan di Korea Selatan, tercatat sebanyak 13 orang meninggal.

Korban meninggal lainnya di wilayah Beijing dan Guangdong, sebanyak 7 meninggal, Anhui ada 6 orang yang meninggal dan Chongqing tercatat 6 orang meninggal. Begitu pula dengan Hebei, Chongqing. dan Shandong, masing-masing enam orang. Wilayah ini semuanya ada di Tiongkok. Sementara Empat orang lainnya meninggal di kapal pesiar Diamond Princess.

Baca Juga: Warga Korsel Terjangkit Virus Corona, KBRI di Seoul Pilih Tutup

2. Sebaran virus corona

[UPDATE] Virus Corona Sudah Renggut 2.858 Jiwa, di Iran Jadi 26 OrangSeorang wanita Iran memakai masker pelindung untuk mencegah tertular virus corona, saat berjalan di jalan di Tehran, Iran, pada 25 Februari 2020. ANTARA FOTO/WANA (West Asia News Agency)/Nazanin Tabatabaee via REUTERS

Di Jepang korban meninggal dunia bertambah menjadi 4 orang, Shanghai (Tiongkok), Sinchuan (Tiongkok), Xinjiang (Tiongkok) dan Tianjin (Tiongkok) masing-masing tercatat tiga orang meninggal dunia. Ada juga Perancis, Hongkong, Gansu (Tiongkok), Guangxi (Tiongkok) Guizhou (Tiongkok), serta Yunan (Tiongkok) masing-masing 2 orang.

Di wilayah Fujian, Jiangxi, Jilin, Liaoning, Shaanxi, Zhejiang, Filipina, dan Taiwan, masing-masing terdapat satu orang meninggal dunia.

Virus corona dari catatan CSSE sudah menyebar di hampir 50 negara termasuk Tiongkok, Macau dan Hong Kong. Negara-negara lainnya Korea Selatan, Italia, Jepang, Iran, Singapura, Amerika Serikat, Thailand, Bahrain, Taiwan, Jerman, Kuwait, Australia, Malaysia, Prancis, dan Vietnam.

Negara lainnya, Spanyol, Uni Emirat Arab, Inggris, Canada, Irak, Oman, Filipina, Kroasia, India, Israel, Lebanon, Finlandia, Swedia, Rusia, Pakistan, Afghanistan, Nepal, Kamboja, Norwegia, algeria, Belgia, Georgia, Denmark, North Macedonia, Swiss, Brazil, Romania, Estonia, Mesir, Yunani, dan Sri Lanka.

3. Indonesia observasi 188 WNI kru kapal World Dream di Pulau Sebaru Kecil

[UPDATE] Virus Corona Sudah Renggut 2.858 Jiwa, di Iran Jadi 26 OrangKondisi Jamaah Umrah pagi ini di Bandara Soekarno-Hatta (27/02) (IDN Times/Muhamad Iqbal))

Pencegahan juga dilakukan pemerintah Indonesia. Salah satunya dengan mengobservasi 188 WNI yang menjadi Anak Buah Kapal World Dream di Pulau Sebaru Kecil.

Pemerintah Hong Kong menghentikan operasional World Dream sejak 9 Februari 2020 lalu menyusul merebaknya virus corona. Meski begitu hasil pemeriksaan tidak menemukan kru dan penumpang kapal terindikasi virus corona.

Baca Juga: Positif Virus Corona, WNI Ini Malah Main TikTok saat Diisolasi

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya