Comscore Tracker

Wilayah Zona Merah COVID-19 di Bali Disebut Paling Banyak di Indonesia

Termasuk Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan, dan Buleleng

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menyatakan jumlah kabupaten atau kota yang masuk zona merah telah menurun hingga 50 persen, yaitu dari 10 menjadi 5 kabupaten atau kota.

Kelima kabupaten atau kota yang masuk zona merah tersebut sebagian besar ada di Bali di antaranya Kabupaten Buleleng, Kabupaten Tabanan, Kota Denpasar, Kota Kupang, NTT, dan Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dari lima zona merah di Indonesia, tercatat tiga di antaranya ada di Bali. Hal ini berarti Bali masih berstatus siaga COVID-19, mendominasi zona merah dengan risiko penularan yang tinggi.

1. Pasien yang sudah sembuh sebanyak 1.355.578 orang

Wilayah Zona Merah COVID-19 di Bali Disebut Paling Banyak di IndonesiaIlustrasi pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Tercatat jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia telah menembus angka 1,5 juta jiwa. Peraturan yang telah dikeluarkan pemerintah, diwajibkan diiringi dengan kesadaran masyarakat guna mencegah virus semakin menyebar.

Dilansir dari kemkes.go.id, terhitung tanggal 1 April 2021, jumlah kasus positif COVID-19 di Tanah Air sebanyak 1.517.854. Dari jumlah ini, pasien yang sudah sembuh sebanyak 1.355.578, dan jumlah pasien meninggal 41.054 kasus.

Kendati selisih angka kasus positif dengan jumlah pasien sembuh terbilang tipis, namun hingga saat ini masih ada zona merah COVID-19, yang artinya masyarakat harus tetap hati-hati. 

2. Hanya 6 kabupaten/kota yang masuk zona hijau

Wilayah Zona Merah COVID-19 di Bali Disebut Paling Banyak di IndonesiaRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Bersamaan dengan menurunnya jumlah zona merah, penurunan juga terjadi pada zona oranye (risiko sedang) yakni dari 313 menjadi 301 kabupaten atau kota.

Sedangkan zona kuning (risiko rendah) mengalami peningkatan jumlah, yaitu dari 183 menjadi 201 kabupaten atau kota.

Sementara zona hijau dengan daerah tanpa kasus baru sebanyak 6 kabupaten atau kota, dan zona hijau tidak terdampak hanya tercatat ada di 1 kabupaten atau kota.

3. Pemerintah akan mengubah fokus pengendalian COVID-19

Wilayah Zona Merah COVID-19 di Bali Disebut Paling Banyak di IndonesiaWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Menurut Wiku, dari statistik persebaran tersebut, pemerintah akan mengubah fokus pengendalian COVID-19. Apabila sebelumnya fokus pada menekan jumlah zona merah, maka kini akan mengubahnya menjadi seruan bagi pemerintah daerah kabupaten atau kota untuk mengubah status daerahnya. Dari zona oranye ke zona kuning, maupun dari zona kuning menjadi zona hijau.

Adapun zona merah adalah untuk wilayah dengan tingkat penularan tinggi, zona oranye untuk wilayah dengan tingkat penularan sedang, zona kuning untuk wilayah dengan tingkat penularan rendah, dan zona hijau untuk wilayah yang tidak memiliki kasus baru atau bahkan tidak terdampak.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Nasional Sebut Tangsel Zona Merah, Pemkot: Zona Oranye

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya