Comscore Tracker

Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatan

Gak mesti harus ke kantornya

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan. Tarif yang dipungut pun disesuaikan dengan tingkatan. Sehingga seluruh lapisan masyarakat Indonesia bisa ikut serta mendapatkan pelayanan.

Namun masih ada beberapa dari kita yang tidak mengetahui tagihan BPJS sekaligus tata cara pembayarannya. Inilah beberapa fitur untuk mengecek tagihan dan pembayaran BPJS Kesehatan:

1. Website resmi BPJS

Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatanbpjs-kesehatan.go.id/bpjs

Cara pertama untuk mengetahui tarif tagihan kamu adalah dengan menggunakan layanan internet. Buka dan masuk website resmi BPJS, yaitu https://bpjs-kesehatan.go.id. Langkah pertama adalah klik menu "Cek Iuran BPJS Kesehatan".

Siapkan Nomor Kartu dan Tanggal Lahir kamu. Kemudian lakukan validasi yang ada di layar. Klik "Cek", lalu rincian pembayaran kamu akan muncul dan tertera di layar.

2. Pakai SMS Gateway untuk cek iuran

Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatanbpjs-kesehatan.go.id

Kalau kamu tidak terkoneksi internet, tenang saja. Karena kamu masih bisa mengeceknya menggunakan SMS. Layanan ini dapat di akses dengan jaringan seluler di nomor 087775500400. Kirimkan SMS dengan format: TAGIHAN (Nomor Kartu BPJS), kemudian kirimkan ke nomor 087775500400, contoh: TAGIHAN 0001260979366.

Ada beberapa hal yang kamu dapatkan ketika menggunakan layanan BPJS menggunakan SMS ini. Termasuk tagihan bulanan yang harus dibayar, dan denda yang dikenakan ketika terjadi penunggakan berbulan-bulan.

Informasi mengenai tagihan dapat diakses melalui data diri seperti NIK, nomor BPJS Kesehatan, dan Nomor Induk Pegawai yang kamu punya. 

3. BPJS juga menyediakan aplikasi yang dapat kamu download melalui handphone untuk melihat tagihan

Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatanbpjs-kesehatan.go.id

Selain memakai website resmi dan SMS Gateway, kamu juga bisa download aplikasi Mobile JKN dengan install di ponsel lewat Google Play Store atau App Store. Setelah itu, lakukan registrasi untuk membuat akun dan masuk ke mobile JKN kamu.

Pilih Tagihan kemudian klik Premi, nanti akan muncul informasi mengenai berapa jumlah iuran yang harus kamu bayar.

4. Cara pembayaran BPJS Kesehatan

Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatansepulsa.com

Setelah mengetahui tagihan yang perlu kamu bayar, ada beberapa cara untuk melakukan pembayaran. Pertama, tentu saja kamu dapat langsung datang ke kantor BPJS terdekat dan melakukan pembayaran secara langsung. Namun ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan seperti di bawah ini:

  1. Melalui ATM langsung baik itu dari BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, dan BCA. Setiap bank punya langkah yang berbeda. Kamu bisa menanyakan pada bank terkait jika kesulitan ketika mengoperasikan di ATM
  2. Melalui Kantor Pos. Selain datang ke kantor BPJS kesehatan, kamu juga dapat melakukan pembayaran melalui Kantor Pos. Pihak BPJS telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk memudahkan dalam melakukan iuran setiap bulannya
  3. Melalui Indomaret atau Alfamart. Cara berikutnya kamu bisa langsung datang ke Indomaret  atau Alfamart dan minta ke kasir untuk membantu melakukan pembayaran
  4. Selanjutnya adalah dengan pembayaran di Loket Pembayaran Multitagihan yang paling dekat di sekitar kamu. Biasanya selain memberikan pelayanan pada kamu yang ingin membayar tagihan BPJS, loket pembayaran ini juga menyediakan pemabayaran listrik dan telepon
  5. Melalui E-Commerce. Coba buka laman-laman E-Commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kamu akan menemukan pilihan untuk pembayaran BPJS dalam fitur ini. Ikuti langkah satu per satu untuk menyelesaikan pembayaran. 

Itulah cara mengecek tagihan dan membayar BPJS Kesehatan. Semoga kamu tidak bingung ya.

Baca Juga: Bukan Hoaks, Warga yang Belum Bayar BPJS Kesehatan Tak Bisa Urus SIM

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You