Comscore Tracker

Dijanjikan Jokowi, Sampai Hari Ini Nakes Belum Juga Terima Insentif  

Diharapkan ada langkah konkret dari pemerintah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pernah menyatakan akan memberikan insentif bagi tenaga medis di daerah yang telah menyatakan tanggap darurat virus corona. Hal ini disampaikannya melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/3). 

Namun sampai hari ini masih ada tenaga medis yang belum mendapatkan insentif, seperti yang dialami seorang perawat yang bertugas di sebuah Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Jakarta.

"Saya belum terima sampai hari ini," ujar perawat yang enggan dituliskan namanya kepada IDN Times, Kamis (28/5). 

1. Tenaga medis sangat memerlukan uang insentif

Dijanjikan Jokowi, Sampai Hari Ini Nakes Belum Juga Terima Insentif  BIN Beri Bantuan Alat Medis Penanganan COVID-19 ke RSUP Persahabatan (Dok. Istimewa)

Perawat tersebut mengatakan sebenarnya dirinya ikhlas merawat pasien COVID-19 di ruang isolasi dan tak ingin menuntut lebih pada pemerintah. Namun karena negara pernah menjanjikan insentif sebesar Rp7,5 juta, dia pun akhirnya berharap.

Dia tidak mengetahui mengapa uang insentif dari pemerintah belum juga cair. Namun perawat perempuan ini masih berharap pemerintah akan menepati janji memberikan insentif kepada tenaga medis.

"Rumah sakit sudah memberikan hak-hak saya selama bekerja, namun banyak teman-teman sesama perawat di luar sana bahkan tidak dapat THR. Jadi insentif tersebut sangat dibutuhkan, apalagi banyak yang meninggalkan keluarga dan rawan terpapar, "ujarnya.

Sementara itu seorang perawat lain berinisial WK yang bertugas di IGD salah satu rumah sakit di Sulawesi Selatan mengaku dirinya tidak menerima THR tahun ini.

"Saat banyak yang terima THR kami hanya bisa tersenyum pahit, miris sih kami yang dikatakan pahlawan tapi realitanya jangan kan uang insentif, THR saja gak dapat, " ujarnya.

2. Semua perawat belum terima janji dari pemerintah itu

Dijanjikan Jokowi, Sampai Hari Ini Nakes Belum Juga Terima Insentif  ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sekretaris Badan Bantuan Hukum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Maryanto, menegaskan perawat yang tergabung di PPNI sampai saat ini belum terima uang insentif yang dijanjikan pemerintah terhadap tenaga medis.

"Belum terima uang insentif selain itu banyak yang belum dapatkan THR kemarin," ungkapnya.

3. Berikanlah langkah-langkah konkret

Dijanjikan Jokowi, Sampai Hari Ini Nakes Belum Juga Terima Insentif  Drive Thru Rapid Test metode Vena oleh rumah sakit BIMC Siloam Nusa Dua (IDN Times/Ayu Afria)

Maryanto mengingatkan di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini, tenaga medis dituntut bekerja lebih ekstra. Mereka juga rela meninggalkan keluarga berbulan-bulan serta harus menjalani isolasi.

"Sering kali disebut sebagai pahlawan kemanusiaan tetapi tidak diikuti dengan langkah-langkah statement yang pernah disampaikan sebagai pahlawan kemanusiaan, artinya jangan hanya statement tetapi berikanlah langkah-langkah konkret," tegasnya.

Baca Juga: Arti Hari Perawat Internasional Bagi Perawat Indonesia saat Pandemik

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya