Terdepan Hadapi COVID-19, Tenaga Medis Belum Terima Insentif  

Ada perawat yang tidak mendapat THR

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pernah menyatakan akan memberikan insentif bagi tenaga medis di daerah yang telah menyatakan tanggap darurat virus corona. Hal ini disampaikannya melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/3). 

Namun sampai hari ini masih ada tenaga medis yang belum mendapatkan insentif, seperti yang dialami seorang perawat yang bertugas di salah satu Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Jakarta.

"Saya belum terima sampai hari ini," ujar perawat yang enggan dituliskan namanya kepada IDN Times, Kamis (28/5). 

1. Uang insentif sangat dibutuhkan tenaga medis di tengah pandemik

Terdepan Hadapi COVID-19, Tenaga Medis Belum Terima Insentif  BIN Beri Bantuan Alat Medis Penanganan COVID-19 ke RSUP Persahabatan (Dok. Istimewa)

Perawat tersebut mengatakan sebenarnya dirinya ikhlas merawat pasien COVID-19 di ruang isolasi dan tak ingin menuntut lebih pada pemerintah. Namun karena negara pernah menjanjikan insentif sebesar Rp7,5 juta, dia pun jadi berharap.

Dia tidak mengetahui kenapa uang insentif dari pemerintah belum juga cair. Namun perawat perempuan ini masih berharap pemerintah akan menepati janji memberikan insentif kepada tenaga medis.

"Rumah sakit sudah memberikan hak-hak saya selama bekerja, namun banyak teman-teman sesama perawat di luar sana bahkan tidak dapat THR. Jadi insentif tersebut sangat dibutuhkan, apalagi banyak yang meninggalkan keluarga dan rawan terpapar, "ujarnya.

2. Seorang perawat di Sulawesi Selatan belum mendapatkan THR

Terdepan Hadapi COVID-19, Tenaga Medis Belum Terima Insentif  warga gang Tegal Wangi jalan Gunung Salak Banjar Tegallantang Klod Desa Padangsambian Klod mengikuti Rapid Test (Dok.IDN Times/Humas Pemkot Denpasar)

Sementara itu seorang perawat lain berinisial WK yang bertugas di IGD salah satu rumah sakit di Sulawesi Selatan mengaku dirinya tidak menerima THR tahun ini.

"Saat banyak yang terima THR kami hanya bisa tersenyum pahit, miris sih kami yang dikatakan pahlawan tapi realitanya jangan kan uang insentif, THR saja gak dapat, " ujarnya.

3. Perawat belum terima uang insentif sama sekali

Terdepan Hadapi COVID-19, Tenaga Medis Belum Terima Insentif  Drive Thru Rapid Test metode Vena oleh rumah sakit BIMC Siloam Nusa Dua (IDN Times/Ayu Afria)

Sekretaris Badan Bantuan Hukum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Maryanto, menegaskan perawat yang tergabung di PPNI sampai saat ini belum terima uang insentif yang dijanjikan pemerintah terhadap tenaga medis.

"Belum terima uang insentif selain itu banyak yang belum dapatkan THR kemarin," ungkapnya.

4. Sering disebut pahlawan kemanusiaan tetapi tidak diikuti langkah kongkret

Terdepan Hadapi COVID-19, Tenaga Medis Belum Terima Insentif  Ilustrasi rapid test. Humas Pemprov Sulsel

Maryanto mengingatkan di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini, tenaga medis dituntut bekerja lebih ekstra. Mereka juga rela meninggalkan keluarga berbulan-bulan serta harus menjalani isolasi.

"Sering kali disebut sebagai pahlawan kemanusiaan tetapi tidak diikuti dengan langkah-langkah statement yang pernah disampaikan sebagai pahlawan kemanusiaan, artinya jangan hanya statement tetapi berikanlah langkah-langkah konkret," tegasnya.

Baca Juga: Arti Hari Perawat Internasional Bagi Perawat Indonesia saat Pandemik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya