[BREAKING] 12 Warga India yang datang ke Indonesia Positif COVID-19

127 Warga India datang ke Indonesia pada Rabu malam

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan dari 127 Warga Negara Asing asal India yang datang ke Indonesia pada Rabu (21/4/2021) malam, 12 orang di antaranya dinyatakan positif COVID-19.

"Semuanya sudah diambil Genome Sequencing tapi belum keluar hasilnya," ujar Menkes dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube PerekonomianRI, Jumat (23/4/2021).

Sementara itu Ketua Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartato mengatakan pemerintah tetap membuka pintu bagi warga negara Indonesia (WNI) dari India yang akan kembali ke Tanah Air. Namun, tetap harus melewati protokol kesehatan COVID-19 yang ditetapkan pemerintah.

"Sedangkan bagi WNI yang akan kembali ke Indonesia dan pernah tinggal atau mengunjungi india, dalam kurun 14 tetap diizinkan masuk dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Airlangga.

Setelah tiba ke Indonesia, WNI wajib melakukan karantina selama 14 hari. Karantina itu dilakukan di hotel khusus yang disediakan pemerintah.

"Lulus PCR hasil negatif maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan. Hari pertama kedatangan dan hari ke-13 pasca karantina akan kembali di PCR tes," tutur Airlangga.

"Pengetatan protokol ini akan diberlakukan untuk semua moda transportasi darat, laut dan udara. Ketentuannya akan dilanjutkan lewat Surat Edaran Dirjen Imigrasi Kumham dan juga dari lembaga lain yang terkait dengan ini," tambahnya lagi.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya