587 Keluarga Pahlawan Dapat Tunjangan dari Pemerintah, Ini Rinciannya

Tunjangan sebagai bentuk penghargaan negara atas jasa

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial memberikan tunjangan kehormatan kepada 587 orang yang berjasa besar memperjuangkan kemerdekaan jelang Hari Pahlawan 10 November 2020.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengungkapkan, sesuai peraturan yang ada, Kemensos memberikan tunjangan kehormatan kepada mereka yang dinilai memiliki kontribusi besar terhadap kemerdekaan bangsa ini.

"Tunjangan ini sebagai bentuk penghargaan negara atas jasa dan pengorbanan mereka kepada nusa dan bangsa,” kata Juliari melalui siaran tertulis, Senin (9/11/2020).

1. Rincian tunjangan untuk keluarga pahlawan

587 Keluarga Pahlawan Dapat Tunjangan dari Pemerintah, Ini RinciannyaLogo Hari Pahlawan Tahun 2020 (Website/kemsos.go.id)

Juliari merinci tunjangan dari Kemensos total sebesar Rp50 juta per tahun kepada 90 orang warakawuri/keluarga pahlawan nasional.

Kemudian kepada 56 orang Perintis Kemerdekaan dengan nilai sebesar Rp8.692.000 per tahun. Terakhir, kepada 441 orang janda Perintis Kemerdekaan dengan nilai Rp2 juta per tahun.

“Masih banyak keluarga perintis kemerdekaan dan para pahlawan yang hidup kurang beruntung secara ekonomi. Pemerintah bertanggung jawab mendukung istri atau anak keturunannya memenuhi kebutuhan dasarnya,” ucap Juliari.

Baca Juga: 6 Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar Namanya

2. Tunjangan bisa membantu keluarga pahlawan di tengah pandemik

587 Keluarga Pahlawan Dapat Tunjangan dari Pemerintah, Ini RinciannyaTaman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Juliari mengatakan saat ini negara tengah menghadapi pandemik, sehingga beban kehidupan semakin berat sehingga dia berharap tunjangan ini bisa membantu.

“Dengan tunjangan ini, semoga membantu keluarga para pejuang meringankan beban hidup khususnya dalam menghadapi pandemi,” katanya.

3. Dasar hukum pemberian bantuan pemerintah

587 Keluarga Pahlawan Dapat Tunjangan dari Pemerintah, Ini RinciannyaSuasana Taman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Dasar hukum pemberian bantuan pemerintah tersebut adalah Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Serta Besaran Tunjangan Berkelanjutan bagi Pejuang, Perintis Kemerdekaan, dan Keluarga Pahlawan Nasional.

Dalam kaitannya dengan peringatan Hari Pahlawan (Harwan) 2020, Kemensos akan menyelenggarakan acara Bakti Sosial Kepahlawanan pada tanggal 10 November 2020 di kediaman Janda Pahlawan Nasional K.H. Idham Chalid dan kediaman Perintis Kemerdekaan (KRMH Soerjowirjohadipoetro, Wimo Sumanto dan Nodjin Pardjer) di Jakarta.

“Dalam kesempatan itu, Kemensos juga akan menyalurkan bantuan sosial berupa sembako,” imbuh Dirjen Pemberdayaan Sosial, Edi Suharto.

4. Rundown Hari Pahlawan

587 Keluarga Pahlawan Dapat Tunjangan dari Pemerintah, Ini RinciannyaHumas Pemprov Sulsel

Tema Harwan 2020 adalah “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Tema ini dimaksudkan sebagai penanda bahwa Hari Pahlawan tidak hanya diingat setiap 10 November.

“Namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa,” kata Edi.

Kegiatan utama Harwan 2020 berupa Upacara Ziarah Nasional di TMPN Utama Kalibata, 10 November 2020 pukul 08.00 WIB dengan Inspektur Upacara Presiden RI dan cadangan Irup Wakil Presiden RI.

Kemudian Upacara Tabur Bunga di Laut di Perairan Teluk Jakarta. 10 November 2020 pukul 08.00 WIB dengan Inspektur Upacara Ketua DPR-RI dan Cadangan Irup Wakil Ketua DPR-RI.

Selanjutnya, Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara, pada 10 November 2020 pukul 10.00 WIB dengan Inspektur Upacara Presiden RI.

Pada 2020 terdapat 20 usulan calon Pahlawan Nasional, 7 di antaranya adalah usulan baru dan 13 lainnya adalah calon Pahlawan Nasional yang pernah diusulkan sebelumnya kepada Presiden melalui Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan.

"Bila tidak ada perubahan, Pemerintah akan menetapkan 6 pahlawan nasional baru tahun 2020,' ucap Edi.

Baca Juga: Kemensos Terima 20 Usulan Nama Penerima Gelar Pahlawan Nasional

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya