Comscore Tracker

Alat Inilah Disebut Dipakai Untuk Menusuk Wiranto, Ini Fakta-faktanya

Mirip senjatanya Naruto

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Wiranto, diserang seorang pria di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10) sekitar pukul 12.00 Wib. Wiranto disebut mengalami dua luka tusukan di bagian perut. Pelaku sendiri sudah diamankan.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan para pelakunya adalah Abu Rara atau berinisial SA berasal dari Medan dan berjenis kelamin laki-laki, serta seorang perempuan berinisial FA asal Brebes, Jawa Tengah.

Kepolisian Daerah (Polda) Banten masih mendalami motif dan latar belakang penyerangan tersebut. Kata Dedi, laki-laki berinisial SA tersebut disebut terpapar paham radikal Islam Irak dan Suriah (ISIS). Pelaku laki-laki diduga menggunakan kunai, senjata yang biasa digunakan oleh ninja.

Dari sekian banyak senjata ninja, ada beberapa yang paling terkenal seperti shuriken dan kunai. Cara memakai shuriken biasanya dilempar, karena setiap sisinya tajam. Berbeda dengan kunai. Berikut ini penjelasannya:

1. Kunai biasa digunakan untuk menggali tanah

Alat Inilah Disebut Dipakai Untuk Menusuk Wiranto, Ini Fakta-faktanyaallninjagear.com

Dikutip dari berbagai sumber, kunai pada dasarnya senjata yang dibuat sebagai alat untuk menggali. Pada era ninja, kunai memang digunakan untuk menggali tanah atau melubangi dinding.

Tak seperti pada serial Naruto, ninja asli memang tidak sepenuhnya bertarung secara terang-terangan. Mereka lebih sering bersembunyi. Karenanya, peralatan seperti kunai berfungsi untuk menggali tanah atau melubangi dinding untuk kabur serta bersembunyi.

Sebagian besar senjata ninja memang merupakan versi modifikasi dari alat pertanian atau alat sehari-hari lainnya. Jadi meskipun bentuknya menyerupai pisau, fungsi aslinya bukan digunakan untuk berperang atau menyerang musuh.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: Wiranto Dalam Kondisi Sadar

2. Kunai senjata multifungsi

Alat Inilah Disebut Dipakai Untuk Menusuk Wiranto, Ini Fakta-faktanyaIDN Times/Axel Jo Harianja

Selain untuk menggali, kunai juga bisa digunakan sebagai senjata. Karena matanya yang tajam. Sehingga bisa berfungsi seperti pisau kecil atau senjata yang cepat untuk melukai lawan.

Selain itu kunai juga bisa dilempar, namun lebih berat dibandingkan senjata ninja lainnya, shuriken.

3. Kunai memiliki dua ukuran

Alat Inilah Disebut Dipakai Untuk Menusuk Wiranto, Ini Fakta-faktanyanaruto.fandom.com

Seperti dikutip dari duniaku.com, kunai punya dua ukuran, ada yang besar dan kecil. Seperti fungsinya, kunai yang berukuran besar lebih efisien untuk menggali tanah atau melubangi dinding. Sementara kunai berukuran kecil bisa digunakan untuk bertarung jarak dekat.

4. Kunai populer karena serial Naruto

Alat Inilah Disebut Dipakai Untuk Menusuk Wiranto, Ini Fakta-faktanyaAmazon/Ace Martial Arts Supply

Kunai sebelumnya memang dikenal sebagai senjata ninja. Namun sejak muncul di serial Naruto, senjata kunai semakin populer. Dalam serial Naruto, kunai digunakan sebagai senjata bertarung jarak dekat hampir di semua karakter ninja.

Karakter figuran dalam serial ini lebih sering menggunakan kunai dibandingkan senjata lain seperti pedang. Beberapa karakter terkenal menggunakan kunai sebagai fungsi lain, seperti Minato yang membuat kunai spesial dengan jutsu miliknya, atau kunai yang diikat dengan kertas peledak.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You