Balita dan Ibu di Tabanan Dapat Olahan Ikan Hingga Popok

Tabanan dapat predikat Duta Orangtua Hebat tingkat nasional

Denpasar, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali sedang menggalakkan program perbaikan gizi anak-anak di lapangan untuk mencegah terjadinya stunting. Upaya pengentasan stunting ini terus digalakkan, termasuk di Kabupaten Tabanan yang meraih predikat Duta Orangtua Hebat di tingkat nasional melalui program Semara Ratih mampu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dinilai dapat menurunkan kasus stunting dari 8,2 persen (pada tahun 2022) menjadi 5 persen (pada tahun 2023). Pada 2024, kasus stunting di Tabanan turun menjadi 3,23 persen.

1. Balita dan ibu di Tabanan mendapatkan bantuan perbaikan gizi

Balita dan Ibu di Tabanan Dapat Olahan Ikan Hingga Popokilustrasi telur (pixabay.com/stevepb)

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya, menyampaikan melalui kolaborasi, sinergi, dan gotong royong Ngrombo. Tim Penggerak PKK Provinsi Bali bersama sejumlah perangkat daerah terkait, dan PT Bank BPD Bali menyerahkan bantuan kepada sejumlah balita. Bantuan tersebut berupa 50 paket yang berisi olahan ikan yakni abon ikan 100 gram, bakso ikan 500 gram, ikan kembung 1.000 gram, dan lele siap goreng 1,000 gram.

“Ada juga penyerahan 40 paket yang berisi olahan ikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali kepada Bunda PAUD Kabupaten Tabanan. Selanjutnya penyerahan simbolis bantuan telur 500 butir, dan bibit cabe 500 pohon oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali,” ungkapnya.

2. Balita dapat popok dan sikat gigi

Balita dan Ibu di Tabanan Dapat Olahan Ikan Hingga Popokilustrasi popok kain (unsplash.com/ohlmanphotography)

Selain itu juga penyerahan bantuan untuk balita berjumlah 10 paket. Paket ini berisi popok sekali pakai, susu, snack bayi, dan minyak urut dari Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali. Ada juga penyerahan simbolis 50 paket bantuan yang berasal dari CSR, serangkaian HUT PT Bank BPD Bali kepada balita stunting.

“Penyerahan paket bantuan yang ini berisi beras 10 kg, telur 1 krat, susu 6 kotak, dan sikat beserta pasta gigi kepada balita,” jelasnya.

3. Puluhan balita menjadi sasaran bantuan, empat orang terindikasi stunting

Balita dan Ibu di Tabanan Dapat Olahan Ikan Hingga PopokPenyerahan bantuan perbaikan gizi untuk mencegah stunting di Kabupaten Tabanan (Dok.IDN Times/istimewa)

Dalam kegiatan penyerahan bantuan CSR di Wantilan Banjar Bedha, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Jumat (22/3/2024) lalu, tercatat jumlah balita sasaran yang menerima bantuan sebanyak 50 orang. Mereka berasal dari beberapa desa di Kecamatan Tabanan, di antaranya Desa Bongan sebanyak 8 orang, Desa Subamia 8 orang, Desa Dauh Peken 14 orang, Desa Gubug sebanyak 7 orang, Desa Tunjuk 3 orang, Desa Sudimara sebanyak 8 orang, dan Desa Denbantas 2 orang.

Selain itu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, drg Ida Mahendra Jaya, mendatangi sejumlah balita yang terindikasi stunting. Mereka adalah GA Bima Kusuma Putra (4), Rania Renita Putri (2), Made Satria Putra (3), dan I Putu Gede Bajra Suastika (4).

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya