PNS Anak Mantan Pejabat Kemnaker Ancam Jenderal Polisi Pakai Pisau 

Pelaku merusak mobil korban di jalan tol

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Soes Hindharno, menyesalkan adanya insiden antar pengendara mobil di Jalan Tol Cikampek pada Jumat (24/4) lalu. Di mana, seorang polisi berpangkat brigadir jenderal (brigjen) diancam oleh seseorang menggunakan pisau.

“Kami membenarkan yang bersangkutan (pelaku) merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Kementerian Ketenagakerjaan," ujar Soes dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (28/4) malam.

Baca Juga: Kemenaker Akui Tak Semua Perekrutan Tenaga Kerja Melihat Kompetensi

1. Kemnaker akan melakukan pembinaan secara tegas kepada pelaku

PNS Anak Mantan Pejabat Kemnaker Ancam Jenderal Polisi Pakai Pisau IDN Times/Kemnaker

Soes mengatakan, pihaknya menyesalkan tindakan pelaku. Dia ingin, kasus tersebut segera diselesaikan dengan baik. Lebih lanjut, jika proses hukum di kepolisian telah selesai, Kemnaker akan melakukan pembinaan secara tegas kepada pelaku.

“Langkah pembinaan dilakukan secara tegas di tengah upaya Kementerian melakukan penegakan disiplin bagi para ASN di lingkungan Kemnaker. Kita berharap, kedepannya kejadian ini tidak terulang kembali, “ jelas Soes.

2. Korban adalah jenderal polisi yang berdinas di Kemenko Polhukam

PNS Anak Mantan Pejabat Kemnaker Ancam Jenderal Polisi Pakai Pisau Menko Polhukam, Mahfud MD memberi pernyataan di depan awak media. IDN Times/Siti Umaiyah

Korban merupakan Brigjen Pol. Erwin Chahara Rusmana. Dia menjabat sebagai Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Penanganan Konflik dan Keamanan Transportasi Deputi 5 Kemenko Polhukam.

Sebelum kejadian, di ruas Jalan Tol Cikampek Km 29.400m ada mobil yang akan mendahului mobil Erwin. Namun, saat itu Erwin tidak melihat ke arah spion belakang.

"Kemungkinan merasa terhalangi tersangka marah. Tersangka mendahului, memepet serta mengacungkan tangan," ujar Erwin saat dikonfirmasi hari ini.

Erwin tidak menghiraukan tindakan pelaku. Dia pun mengambil lajur sebelah kiri jalan tol. Seketika, mobil pelaku menyusul dan menghalangi mobil Erwin.

"Menghalangi kami dengan berhenti mendadak di depan kami. Tersangka turun dengan menghunuskan senjata tajam. Merusak kendaraan, kaca retak, berusaha pecahkan kaca, dan seterusnya," jelas Erwin.

3. Pelaku merupakan anak mantan Itjen Kemnaker

PNS Anak Mantan Pejabat Kemnaker Ancam Jenderal Polisi Pakai Pisau (Kemacetan panjang terjadi di Tol Cikampek saat musim libur Lebaran 2019) IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Erwin menjelaskan, kala itu pelaku merusak kendaraannya menggunakan pisau lipat. Dia sama sekali tidak mengenali pelaku.

"Yang saya tahu itu mobil pejabat eselon 1. Nama pelaku adalah Bagas, anak mantan Itjen Kementerian Tenaga Kerja," ungkap Erwin.

4. Pelaku sudah ditangkap pihak Polda Metro Jaya

PNS Anak Mantan Pejabat Kemnaker Ancam Jenderal Polisi Pakai Pisau Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan, pihaknya menangkap seseorang yang diduga mengancam polisi berpangkat brigadir jenderal (brigjen).

"Sudah kita amankan. Kita amankan di rumahnya," kata Yusri saat dikonfirmasi di Jakarta.

Lebih lanjut, pelaku menghentikan aksinya setelah mengetahui polisi itu berpangkat jenderal. Namun, Tim dari Subdit Resmob Polda Metro Jaya berhasil menangkapnya.

"Pada saat dikasih lihat kartu anggota polisi, dia langsung kabur. Pelaku kabur tapi karena pelat nomor mobilnya terlihat jadi dilaporkan ke Polda Metro Jaya," ungkap Yusri.

Baca Juga: Kabareskrim Polri: 27 Narapidana Berulah Lagi Usai Dibebaskan 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya