Comscore Tracker

Jenazah Pramugari Sriwijaya Air Warga Denpasar Teridentifikasi

Semoga keluarga Mia diberi ketabahan

Jakarta, IDN Times - Ada enam jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 yang berhasil diidentifikasi hari ini, Kamis (14/1/2021). Salah satu di antaranya adalah Pramugari Sriwijaya Air asal Denpasar, Bali bernama Mia Tresetyani Wadu. Hal itu disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Rusdi Hartono. 

"Pertama yang teridentifikasi bernama Ricko, Ihsan Adhlan Hakim dan Supianto. Lalu, jenazah berikutnya yang teridentifikasi bernama Pipit Piyono, Mia Tresetyani, dan Yohanes Suherdi," jelas Brigjen Pol. Rusdi Hartono di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (14/1/2021).

Enam jenazah itu teridentifikasi melalui pemeriksaan sampel DNA hingga sidik jari. Sebelumnya, enam jenazah juga berhasil diidentifikasi lewat pemeriksaan sidik jari. Keenam jenazah itu adalah Kopilot Nam Air, Fadly Satrianto, Asy Habul Yamin, Khasanah, pramugara Sriwijaya Air, Okky Bisma, Indah Halimah Putri, dan Agus Minardi. Keseluruhannya ada 12 jenazah korban Sriwijaya Air SJY 182 sudah teridentifikasi.

1. Pihak keluarga menggelar Ibadah Penguatan di rumah duka pada Minggu, 10 Januari 2021

Jenazah Pramugari Sriwijaya Air Warga Denpasar TeridentifikasiMia Tre Setiyani Wadu semasa hidupnya. (Dok.IDN Times/Jhoni Lay)

Mia Tre Setiyani Wadu (23) diketahui menjadi pramugari Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJY 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu (9/12/2021) sekitar pukul 14.40 WIB. Mia merupakan warga Kota Denpasar yang tinggal di Jalan Tukad Gangga, Gang Tirta Gangga Nomor 3, Renon, Denpasar.

Ketua I Paguyuban Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur (NTT) sekaligus Paman Mia, Jhoni Lay, menyampaikan bahwa pihak keluarga menggelar Ibadah Penguatan di rumah duka pada Minggu (10/1/2021) sore. Pihak keluarga menerima kabar terakhir dari bungsu dua bersaudara itu pada pukul 15.00 Wita, Sabtu (9/1/2021). Pada hari kejadian itu, Mia berpamitan ada tugas keluar.

2. Sempat berencana pulang ke Denpasar pada Januari 2021

Jenazah Pramugari Sriwijaya Air Warga Denpasar TeridentifikasiMia Tre Setiyani Wadu semasa hidupnya. (Dok.IDN Times/Jhoni Lay)

Dua pekan sebelum pesawat Sriwijaya Air SJY 182 jatuh, Mia meminta ayahnya, Zet Wadu, untuk membersihkan rumah di Denpasar. Karena rencananya ia akan pulang pada Januari 2021. Menurut Jhoni, Mia sebenarnya mau pulang pada saat Natal kemarin. Tetapi karena tidak mendapat cuti dari perusahaannya, Mia kemudian berencana mengambil jatah cutinya bulan Januari ini.

"Dua minggu lalu, dia telepon ke Bapaknya minta bersihkan rumah karena dia mau pulang cuti dengan temannya, tetapi tanggalnya belum tahu. Bapaknya sudah memenuhi permintaannya dia, sudah melakukan renovasi kamarnya," cerita Jhoni.

3. Kronologi pesawat Sriwijaya Air saat hilang kontak

Jenazah Pramugari Sriwijaya Air Warga Denpasar TeridentifikasiInstagram.com/idntimes

Berikut kronologi sementara jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 yang sudah dihimpun oleh pihak Kemenhub bersama dengan stakeholder terkait seperti Basarnas, KNKT, Angkasa Pura II, Airnav Indonesia, Sriwijaya Air, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya:

  1. Pesawat Sriwijaya SJY 182 take off dari Bandara Soekarno Hatta menuju Pontianak pada pukul 14.36 WIB
  2. Pada pukul 14.37 WIB melewati 1.700 kaki dan melakukan kontak dengan Jakarta Approach. Pesawat diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti Standard Instrument Departure
  3. Pukul 14.40 WIB, Jakarta Approach melihat pesawat Sriwijaya Air tidak ke arah 075 derajat melainkan ke Barat Laut (North West), oleh karenanya ditanya oleh ATC untuk melaporkan arah pesawat
  4. Tidak lama kemudian, dalam hitungan detik, pesawat hilang dari radar. Manager operasi langsung berkoordinasi dengan Basarnas, bandara tujuan, dan instansi terkait lainnya

Penumpang pesawat terdiri dari 40 dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi, ditambah 12 orang yang terdiri dari 6 kru aktif dan 6 ekstra kru.

Baca Juga: Bawa Jenazah Putranya, Ayah Pramugara Sriwijaya Air: Insyallah Syahid

https://www.youtube.com/embed/q6AKGWBzMKw

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya