Comscore Tracker

Nekat! Warga di Makassar Menjarah Cooler Box Sampel Swab COVID-19

Jangan sampai terjadi di daerah lain ya

Makassar, IDN Times - Kotak pendingin atau cooler box yang berisi swab pasien COVID-19 dijarah oleh warga di Makassar, Sulawesi Selatan. Cooler box milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji itu dibawa kabur ketika ratusan orang mendatangi rumah sakit tersebut untuk mengambil paksa jenazah pasien COVID-19. Direktur Utama RSUD Labuang Baji, Andi Mappatoba, mengatakan cooler box dibawa kabur dari ruang perawatan.

"Iya diambil paksa. Dia kira apa ini cooler box itu. Tapi begini, tadi pagi kejadian tiba-tiba ada orang hampir 100-an datang ke rumah sakit, tidak tahu dari mana asalnya masuk ke ruang perawatan mengambil itu,” kata Mappatoba, Jumat (5/6).

Baca Juga: Bedanya Rapid Test, Swab dan PCR! Lebih Akurat Mana?

1. Khawatir akan menyebarkan virus jika cooler box dibuka

Nekat! Warga di Makassar Menjarah Cooler Box Sampel Swab COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Rochmanudin)

Cooler box ini berisi sampel swab pasien COVID-19. Mappatoba khawatir hasil tes swab itu mengandung COVID-19 yang dapat menulari banyak orang ketika dibuka.

“Bahaya itu, karena di dalam cooler box itu ada satu hasil pemeriksaan di dalamnya. Berandai-andai misalnya itu orang memegang dan menyentuh atau membuka kebetulan itu barang hasilnya positif, kan menyebar itu,” kata Mappatoba.

Baca Juga: Ciri-ciri Hidden Carrier COVID-19, Waspada Kalau Kehilangan Penciuman

2. Cooler box sudah dikembalikan. Namun belum tahu, apakah sempat dibuka atau dibiarkan tertutup

Nekat! Warga di Makassar Menjarah Cooler Box Sampel Swab COVID-19Ilustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19 (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Meski sempat dijarah, namun cooler box itu berhasil ditemukan oleh petugas medis yang segera melakukan pencarian. Ada dua cooler box yang diambil oleh warga.

“Sudah dikembalikan tadi, karena dia bawa keluar sampai di jalan, kami kejar ambil itu. Kan ada dua yang dibawa, satu itu yang tempat penyimpanan (Sampel),” kata Mappatoba. 

Apakah cooler box tersebut telah dibuka oleh warga?

“Tapi saya perhatikan itu dalam kondisi tertutup saat dikembalikan. Sudah kembali dua-duanya,” ungkap Mappatoba.

Baca Juga: Ngeri, Ini Dia Foto Asli Virus Corona Ketika Menyerang Tubuh Manusia

3. Jenazah pasien diambil paksa oleh keluarga

Nekat! Warga di Makassar Menjarah Cooler Box Sampel Swab COVID-19Aksi membawa kabur jenazah pasien PDP COVID-19 di RSKD Dadi Makassar terekam CCTV. Screenshot

Sebelum terjadinya penjarahan cooler box, jenazah Pasien dalam Pengawasan (PDP) dibawa kabur oleh warga di RSUD Labuang Baji, Makassar. Pasien tersebut meninggal dunia setelah menjalani perawatan dua hari di rumah sakit. Pasien laki-laki bernama Muhammad Yunus, warga Makassar tersebut meninggal pada pukul 10.20 Wita, Jumat (5/6) tadi. Dia didiagnosis terkonfirmasi COVID-19.

Pihak keluarga awalnya datang ke rumah sakit bersama sekitar 40 orang. Tujuannya untuk membawa paksa Muhammad Yunus dari RSUD Labuang Baji menuju rumah duka di Jalan Ratulangi. Namun jumlah warga yang datang semakin banyak, hingga akhirnya memicu penjarahan tersebut.

Baca Juga: Keluarga Bawa Sajam Ambil Paksa Jenazah PDP, Ini Kata Gubernur Sulsel

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya