Berhati Mulia, Anak Kelas 4 SD Bongkar Celengan Bambu Sumbang Buat APD

Nabila membawa celengannya ke Polsek Pulau Punjung

Padang, IDN Times - Sejak pandemik virus corona atau COVID-19 menyerang Indonesia pada awal Maret lalu, banyak terjadi peristiwa kemanusiaan yang menyentuh hati.

Salah satunya datang dari Nagari atau Desa Ampek Koto Dibauh, Kecamatan Sembilan Koto, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Nabila, seorang gadis cilik yang duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 09 Sembilan Koto, rela membongkar celengan bambunya dan disumbangkan untuk membeli perlengkapan alat perlindungan diri (APD) bagi tim medis yang berjuang menangani virus corona.

Sontak saja, apa yang dilakukan Nabila mengundang perhatian banyak kalangan. Bagaimana tidak, Nabila telah menabung selama satu tahun namun kini ia merelakan uangnya disumbangkan untuk pembelian APD.

Baca Juga: Kisah Perawat Puskesmas di Padang, Siap Mental Jika Terpapar Corona

1. Bawa celengan bambu ke Polsek Pulau Punjung

Berhati Mulia, Anak Kelas 4 SD Bongkar Celengan Bambu Sumbang Buat APDNabila sesaat usai membongkar celengan bambunya bersama Kapolsek Pulau Punjung. Dok. IDN Times

Lantaran tak mengetahui kemana uang celengannya itu akan di sumbangkan, Nabila bersama ibunya memutuskan untuk mendatangi Mapolsek Pulau Punjung. Mereka datang dengan membawa celengan bambu dalam kondisi masih utuh pada Senin (20/4).

Dihadapan Kapolsek Pulau Punjung Iptu Syafrinaldi, Nabila menyampaikan keinginannya untuk turut serta ambil bagian berjuang mengatasi persoalan kelangkaan APD yang kerap diteriakkan petugas kesehatan. 

“Saya tidak menyangka akan didatangi seorang anak kecil bersama ibunya. Mereka datang membawa celengan yang terbuat dari bambu. Dia berniat ingin membantu para medis membeli APD untuk melawan COVID-19,” kata Iptu Syafrinaldi, Selasa (21/4).

2. Celengan dibongkar bersama total ada Rp560 ribu

Berhati Mulia, Anak Kelas 4 SD Bongkar Celengan Bambu Sumbang Buat APDIlustrasi uang receh, uang logam (IDN Times/Sunariyah)

Menurut Syafrinaldi, sesaat setelah bercerita dan menyampaikan maksud kedatangannya, celengan bambu tersebut dibongkar bersama-sama dengan cara dibelah. Uang yang ia sisihkan dari uang jajan yang diberikan oleh orang tuanya selama satu tahun terakhir, dihitung bersama.

Total jumlah tabungannya Rp560 ribu. Seluruh uang itu diberikan kepada polsek untuk kemudian dibelikan APD bagi tenaga medis yang berjuang melawan COVID-19.

“Kemarin kita bongkar bersama. Ada Rp560 ribu yang terkumpul,” ujar Syafrinaldi.

3. Jadi inspirasi

Berhati Mulia, Anak Kelas 4 SD Bongkar Celengan Bambu Sumbang Buat APDNabila saat membongkar celengan bambunya bersama Kapolsek Pulau Punjung. Dok. IDN Times

Syafrinaldi menegaskan, apa yang dilakukan oleh Nabila menjadi inspirasi buat masyarakat. Seorang anak SD kelas 4, sudah memiliki jiwa kemanusiaan yang begitu besar,  merelakan tabungannya untuk disumbangkan membeli kebutuhan APD. 

“Ini menjadi pembelajaran sekaligus inspirasi buat kita semua. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Nabila. Semoga Allah SWT membalas seluruh kebaikannya,” doa  Syafrinaldi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya