Tutup Usia, Ini Perjalanan Jurnalis Senior Alwi Shahab Sejak Nyantri

Abah Alwi pernah menjabat menteri beberapa kali

Jakarta, IDN Times - Wartawan senior Alwi Shahab tutup usia hari ini, Kamis (17/9/2020) pukul 03.00 WIB. Abah Alwi, begitu almarhum biasa disapa, meninggal dunia di kediamanya, Condet, Jakarta Timur. Karya-karyanya tentang ibu kota Jakarta, membuat ia dikenal sebagai tokoh Betawi.

Abah Alwi adalah laki-laki kelahiran Rappang, Sulawesi Selatan, pada 19 Agustus 1946. Ia merupakan putra ketujuh dari 13 bersaudara dari pasangan Asma Aburisyi-Abdurrahman Shihab yang merupakan seorang ulama serta guru besar.

1. Bergabung dengan PKB hingga menjadi menteri luar negeri

Tutup Usia, Ini Perjalanan Jurnalis Senior Alwi Shahab Sejak NyantriGus Dur [ketiga dari kiri] dan saudaranya (Instagram/ipangwahid)

Adik dari Quraish Shihab ini menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Darul Nashihin, Lawang, Malang, Jawa Timur, pada 1956. Pada usai 20 tahun, ia menempuh S1 di Akidah Filsafat Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir pada 1968.

Pada 1990, Abah Alwi menempuh pendidikan Doktorat Universitas Ain Syam, Mesir pada 1990. Pada 1995 ia terbang dari Mesir ke Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan di Universitas Temple.

Pada 1988, Abdurahman Wahid atau yang lebih akrab disapa Gus Dur mengajak Abah Alwi mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Melalui PKB, ia berhasil duduk di kursi DPR RI.

Ketika Gur Dur menjabat sebagai Presiden ke-4 RI, Abah Alwi dipercaya sebagai menteri luar negeri. Ia menjabat sejak 1999 hingga turunnya Gus Dur pada 2001.

Baca Juga: Perjalanan Hidup Jakob Oetama, Tokoh Pers Nasional yang Sederhana

2. Pernah menjabat dua kali pada era Presiden SBY

Tutup Usia, Ini Perjalanan Jurnalis Senior Alwi Shahab Sejak NyantriSusilo Bambang Yudhoyono, Presiden Indonesia Keenam (Website/kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id)

Pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, Abah Alwi juga diangkat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Indonesia pada 2004 hingga 2005.

Hanya menjabat selama setahun sebagai Menko Kesra, Abah Alwi kembali diberikan amanah oleh SBY sebagai Utusan Khusus Timur Tengah. Ia mengemban amanah tersebut selama lima tahun sejak 2006.

3. Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan ucapan duka cita

Tutup Usia, Ini Perjalanan Jurnalis Senior Alwi Shahab Sejak NyantriErick Thohir di acara kampanye protokol kesehatan jelang pilkada 2020 di Polda Metro Jaya (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggal dunianya jurnalis senior Alwi Shahab. 

"Innaillahi wa innailahi rajiun. Telah berpulang salah satu wartawan senior Republika, Alwi Shahab, yang memiliki dedikasi tinggi, berkepribadian baik, dan loyalitas kepada pekerjaan yang luar biasa," kata Erick Thohir di Jakarta, Kamis.

Erick mengatakan meninggalnya Abah Alwi merupakan kehilangan besar bagi keluarga besar Republika, khususnya, dan dunia jurnalistik kehilangan salah satu wartawan terbaiknya. Erick mendoakan almarhum husnul khatimah, diampuni dosa-dosanya, dimaafkan kesalahannya, dilapangkan kuburnya, dimudahkan jalannya menuju surga.

"Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Abah Alwi dan keluarga besar. Selamat jalan Abah," kata Erick, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: [BREAKING] Wartawan Senior Alwi Shahab Tutup Usia 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya