5 Fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan Suez

Kapal pertama yang terjebak di terusan Suez

Jakarta, IDN Times -Terjebaknya kapal kontainer Ever Given di Terusan Suez menghambat jalannya perdagangan Internasional. Sejak Selasa (23/3/2021), kapal ini mengakibatkan berhentinya akses kapal kargo lain yang juga melewati kanal Suez. 

Kanal ini menjadi salah satu jalur penting di dunia karena menghubungkan Laut Mediterania ke Laut Merah yang juga merupakan jalur pendek untuk menuju Eropa dan Asia tanpa harus melakukan perjalanan panjang melalui Samudera Atlantik, di sekitar Tanjung Harapan dan menuju Samudra Hindia, yang sekarang ini mencakup kira-kira sepersepuluh dari angkutan laut di dunia.

Dilansir dari DW, Senin (29/3/2021) kapal Ever Given mulai kembali mengapung pagi tadi pukul 5:42 waktu Mesir, setelah terjebak selama 6 hari. Kepala Otoritas Transportasi Terusan Suez Mesir, Letnan Jenderal Osama Rabie, mengatakan para pekerja menggunakan "manuver tarik" untuk mengapungkan kapal kembali. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kapal kontainer ini, simak beberapa fakta berikut.

Baca Juga: Sejarah Terusan Suez, Tempat Kandasnya Kapal Ever Given

1. Dimiliki Jepang, Dioperasikan Taiwan

5 Fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan SuezKapal Ever Given (Vesselfinder)

Kapal Ever Given adalah kapal kargo yang membawa ratusan kontainer barang dari seluruh dunia. Kapal ini dirakit pada 25 Desember 2015 oleh Pembuatan Kapal Imabari Jepang. Kapal ini mulai dilayarkan di laut pada 9 Mei 2018 dan selesai pada musim gugur berikutnya pada 25 September 2018. 

Walaupun Ever Given ini dimiliki oleh Jepang, tepatnya dimiliki oleh Shoei Kisen Kaisha Ltd, tetapi dioperasikan oleh pengiriman terbesar di Taiwan, Evergreen, dan terdaftar di Pelabuhan Panama. Sampai saat ini Ever Given telah beroperasi kurang lebih 4 tahun dan membawa lebih dari 9 miliar US dolar kontainer dalam sekali perjalanan.

2. Ukuran dan Berat yang Besar Membuat Kapal Ini Disebut Mega-ship

5 Fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan SuezKapal Ever Given (facebook.com/SuezCanalAuthorityEG)

Ever Given bisa dikatakan Mega-ship karena memiliki panjang 400 meter dengan lebar 59 meter atau hampir seperempat mil. 

Dilansir dari VesselFinder, bobot yang dimiliki kapal ini juga tidak main-main, mencapai kurang lebih 200.000 ton. Ini menunjukan bahwa kapal ini 15 kali lebih berat dari Jembatan Brooklyn di New York dan sekitar 20 kali lebih berat dari Menara Eiffel di Paris.

Selain itu, mesinnya sendiri memiliki berat 2.300 ton atau setara dengan 328 gajah Afrika. Untuk kapasitasnya, Ever given dapat mengangkut 20.124 unit kontainer berukuran 6.096 meter atau 20 kaki.

Saat ini, Ever Given termasuk kapal terbesar dari jenisnya di dunia, dan sepertinya tidak akan lebih besar lagi karena mengingat kapal-kapal ini masih harus masuk melalui kanal pengiriman dan berlabuh di pelabuhan di seluruh dunia.

Baca Juga: Kapal Kargo yang Memblokir Terusan Suez Telah Kembali Mengapung

3. Memiliki Torsion Box

5 Fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan SuezKapal Kontainer Evergreen (Website/tizenindonesia.org)

Banyaknya kontainer yang diangkut membuat kapal-kapal kargo membutuhkan onderdil yang disebut torsion box. Onderdil ini merupakan pelek yang diperkuat di sekitar tepi kapal yang berfungsi untuk menjaga kontainer yang ada pada permukaan kapal tetap kokoh dan kuat dan tidak ikut terombang-ambing. 

Selain itu, torsion box juga berfungsi sebagai koridor yang dapat digunakan kru untuk berjalan di sekitar kapal.

4. Berteknologi Canggih

5 Fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan SuezKapal Ever Given terjebak di Terusan Suez (facebook.com/SuezCanalAuthorityEG)

Hal ini sudah tidak asing lagi untuk kapal kargo yang mengangkut kontainer. Selain Torsion Box, kapal ini juga mempunyai yang disebut “Ballast” atau pemberat. Kompartemen ini memungkinkan pemuatan atau pembongkaran kargo yang mengangkut kontainer, pasir, batu atau balok besi.

Sebab, seperti yang sering terlihat di pelabuhan, metode ini membantu untuk menjaga stabilitas kapal agar tidak terbalik. Alat ini bekerja sama dengan crane di pelabuhan yang memuat dan membongkar kapal kontainer.

5. Menimbulkan Polusi yang Minim

5 Fakta Kapal Ever Given yang Terjebak di Terusan SuezKapal Kontainer Evergreen (Wikimedia/Heide-Daniel)

Jika diibaratkan sebagai negara, kapal kontainer dapat masuk sebagai  negara berpolusi karena menghasilkan lebih banyak emisi gas karbon. 

Namun, apabila dilihat dari fungsi serta efektivitasnya yang dapat membawa ratusan kontainer dalam sekali perjalanan, kapal ini lebih hemat energi daripada kereta api dan jalan raya.

Baca Juga: Hari Kelima, Kapal Ever Given Masih Terjebak di Terusan Suez

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya