Warga Karangasem Resah, Maling Komputer Berkeliaran

Sepekan, maling beraksi di 3 kantor berbeda

Karangasem, IDN Times - Warga di Kabupaten Karangasem resah karena maling komputer berkeliaran. Dalam sepekan, ada 3 kantor di desa yang dibobol maling. 

Di tiga TKP berbeda itu, pencuri justru membawa kabur barang elektronik, seperti komputer dan handphone.

Pertama, ada laporan pencurian di Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Geriana Kangin di Desa Duda Utara di Kecamatan Selat pada Selasa (2/4/2024) dini hari.

Di lokasi tersebut, ada 2 komputer yang hilang, yakni komputer ketua LPD dan komputer kasir. Sementara uang ratusan juta yang disimpan di brankas masih aman.

Kedua, maling membobol Kantor Desa Tribuana di Kecamatan Abang pada Jumat (5/4/2024). Maling itu membawa kabur aset desa, berupa 6 laptop dan 2 handphone.

Terbaru, pencurian kembali terjadi pada Selasa (9/4/2024) dini hari. Maling membawa kabur 4 laptop di Kantor Desa Budakeling, Kecamaran Bebandem, Karangasem. 

"Kami masih lakukan penyelidikan. Kasus ini menjadi atensi kami," ujar Kapolres Karangasem Akbp I Nengah Sadiarta, Selasa (9/4/2024).

1. Maling masuk ke Kantor LPD Geriana dengan congkel jendela hingga matikan listrik

Aksi maling di LPD Geriana pertama kali diketahui oleh ketua LPD setempat, I Nyoman Sudartana, Selasa (3/4/2024). Saat buka kantor, ia kaget mendapati komputer di ruang kerjanya sudah raib.

"Itu sekitar Pukul 07.30 Wita. Saya dapati komputer di ruangan saya hilang. Setelah dicek, komputer di kasir juga hilang," ujar Sudartana, Selasa (9/4/2024).

Ia bergegas mengecek uang kas yang jumlahnya ratusan juta di brankas, dan uang itu masih utuh. Kejadian itu membuat pihak LPD Geriana mengalami kerugian sekitar Rp20 juta.

Pelaku pencurian diduga masuk dengan cara meloncati pagar tembok kantor LPD dari sisi utara. Kemudian untuk masuk kedalam ruangan, pencuri mencongkel salah satu jendela yang ada disisi timur kantor, karena ditemukan kondisi jendela dalam keadaan terbuka. 

2. Maling juga mencongkel jendela Kantor Desa Tribuana, 6 laptop raib

Warga Karangasem Resah, Maling Komputer BerkeliaranIDN Times/Mardya Shakti

Hampir sama seperti kejadian di LPD Geriana, maling diduga masuk Kantor Desa Tribuana di Kecamatan Abang pada Jumat (5/4/2024), dengan mencongkel jendela kantor desa.

Maling berhasil membawa kabur aset desa berupa 6 laptop dan 2 handphone. Kejadian itu telah dilaporkan pihak desa ke kepolisian.

"Kerugian dari kejadian ini sekitar Rp50 juta," ujar Perbekel Desa Tribuana, I Nyoman Kerti.

3. Aksi maling di Kantor Desa Budakeling terekam kamera CCTV

Warga Karangasem Resah, Maling Komputer Berkeliaranilustrasi pemasangan CCTV di rumah (Pexels.com/Scott Webb)

Di kasus terbaru, yakni di Kantor Desa Budakeling, maling membawa kabur 4 laptop yang belum lama dibeli oleh pihak desa. Aksi maling di Kantor Desa Budakeling ini sempat terekam kamera CCTV.

"Kamera CCTV terpasang di Kantor Desa," ujar Perbekel Desa Budakeling, Ida Nyoman Adi Permana, Selasa (9/4/2024).

Adi Permana menjelaskan, dari rekaman CCTV, pelaku beraksi pukul 2 pagi. Pelaku pencurian datang mengendarai sepeda motor dan memarkirnya di depan kantor desa. Setelah itu, pelaku langsung loncat pagar masuk ke area kantor.

Pelaku masuk seorang diri dengan ciri - ciri tubuhnya tidak terlalu besar, menggunakan jaket ber penutup kepala. Pelaku lalu mematikan listrik, sehingga lampu mati.

Setelah memadamkan listrik di kantor desa, pelaku diduga masuk kedalam ruangan kantor desa dengan cara mencongkel pintu belakang, karena didapati pintu belakang kantor sudah dalam kondisi terbuka.

Baca Juga: Pamer Senjata Api di Medsos, Warga Karangasem Diciduk Polisi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya