Turis Vietnam Tewas Digulung Ombak Saat Foto di Pantai Klingking

Menikmati keindahan Bali boleh, tapi harus hati-hati juga

Klungkung, IDN Times - Nguyen Hoang Hiet Dan (26), wisatawan asal Vietnam tewas terseret ombak di Pantai Klingking, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Minggu (21/7) kemarin. Tubuh wisatawan laki-laki tersebut digulung ombak setinggi enam meter.

1. Korban diterjang ombak saat foto-foto di pesisir pantai

Turis Vietnam Tewas Digulung Ombak Saat Foto di Pantai KlingkingDok.IDN Times/Istimewa

Korban Nguyen Hoang Hiet berada di Pantai Klingking sekitar pukul 12.00 Wita. Ia tengah berfoto-foto sambil membelakangi ombak di pesisir pantai. Namun hal yang tak terduga terjadi. Ombak setinggi enam meter datang dan menggulung tubuh korban.

"Ombak yang datang setinggi enam meter, langsung menggulung tubuh korban dan menyeretnya ke laut," ujar Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung, I Putu Widiada, Senin (22/7).

2. Dua wisatawan yang melihatnya langsung menolong, sampai ikut tergulung ombak juga

Turis Vietnam Tewas Digulung Ombak Saat Foto di Pantai KlingkingDok.IDN Times/Istimewa

Ada dua wisatawan lain yang menyaksikan kejadian itu. Mereka berupaya menyelamatkan, berusaha menggapai tubuh korban yang sudah berada di tengah laut dengan menggunakan pelampung. Namun ketika berusaha menggapai tubuh korban, ombak besar kembali menerjang sehingga menghempas keduanya.

"Wisatawan yang berusaha menolong ini juga terhempas gelombang. Tapi masih bisa menyelamatkan diri, sementara korban sudah lemas karena kemasukan air laut," jelas Putu Widiada.

3. Evakuasi berlangsung sulit karena harus menaiki tebing curam setinggi 250 meter

Turis Vietnam Tewas Digulung Ombak Saat Foto di Pantai KlingkingDok.IDN Times/Istimewa

Gelombang tinggi kembali menghempaskan tubuh korban ke pesisir pantai. Korban sudah tidak sadarkan diri. Warga sekitar dan wisatawan lalu berusaha mengevakuasi tubuhnya.

"Upaya evakuasi lalu dilakukan untuk membawa korban ke rumah sakit," jelas Widiada.

Evakuasi tubuh korban dilakukan tim gabungan Polsek, BPBD, dan Basarnas. Evakuasi berlangsung sulit karena harus menaiki tebing curam setinggi 250 meter.

Untuk diketahui, Tempat Kejadian Perkara (TKP) berada di pesisir Pantai Klingking, yang lokasinya berada di bawah tebing curam. Tim harus berjalan berdesakan, menanjak tebing curam sembari mengangkat tubuh korban.

"Setelah berhasil dievakuasi ke jalan raya, korban dilarikan ke Rumah sakit Pratama. Sempat mendapatkan penanganan, namun korban sudah dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis," ungkap Widiada.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya