Suwirta Pantau Stok Beras Lokal di Klungkung, Antisipasi Jadi Lockdown

Apa pendapatmu, guys?

Klungkung, IDN Times - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, memantau ketersediaan stok beras lokal di sejumlah Koperasi Unit Desa (KUD), Kamis (9/5) lalu. Hal ini untuk memastikan ketersediaan pangan masih aman selama physical distancing. Termasuk untuk mengantisipasi jika harus menghadapi kemungkinan terburuk dari penanggulangan COVID-19, yakni karantina wilayah secara ketat atau lockdown.

1. Suwirta memantau tiga KUD pemasok beras lokal di Klungkung. Stoknya dinilai mencukupi kebutuhan masyarakat Klungkung

Suwirta Pantau Stok Beras Lokal di Klungkung, Antisipasi Jadi LockdownDok.IDN Times/Istimewa

Suwirta melakukan pemantauan beras lokal di tig Koperasi Unit Desa (KUD) pemasok beras lokal di Klungkung. Yaitu Koperasi KUD Artha Wiguna Desa Gelgel, KUD Jaya Werdi Desa Takmung, dan KUD Panca Satya Desa Dawan.

Dari hasil peninjauannya, KUD Artha Wiguna Desa Gelgel memiliki 15 ton stok beras, dan gabah berjumlah 8,9 ton. Untuk KUD Jaya Werdi Takmung memiliki stok gabah 60 ton, dan stok beras kurang lebih 10 ton. Sedangkan KUD Panca Satya Dawan memiliki stok beras 5,42 ton dan gabahnya 19,2 ton.

"Stok beras di Klungkung saat ini saya kira masih mencukupi, apalagi sebentar lagi sudah memasuki masa panen," ungkap Suwirta.

Baca Juga: Bisnis Perhotelan di Bali Tahun Ini Paling Terpuruk Sepanjang Sejarah

2. Para petani harus tetap memproduksi beras

Suwirta Pantau Stok Beras Lokal di Klungkung, Antisipasi Jadi LockdownDok.IDN Times/Istimewa

Walau saat ini diterapkan kebijakan physical distancing, pola tanam dan produksi beras lokal oleh petani harus tetap berjalan. Ini untuk memastikan pasokan beras lokal aman dan harganya stabil, walau nanti Pemerintah Pusat harus mengambil kebijakan karantina wilayah secara ketat (Lockdown) dalam mengatasi COVID-19.

"Pola tanam dan produksi saat ini tetap berlangsung. Sehingga di Klungkung tidak kekurangan beras, dan harganya dapat tetap terjaga," jelas Suwirta.

Baca Juga: Ratusan Pekerja Migran Asal Klungkung Tertahan di Maldives

3. KUD menyatakan siap membantu pemerintah jika diperlukan

Suwirta Pantau Stok Beras Lokal di Klungkung, Antisipasi Jadi LockdownDok.IDN Times/Istimewa

Suwirta berharap KUD di Kabupaten Klungkung ikut berperan aktif secara maksimal dalam mengambil, memberikan harga gabah terbaik kepada petani, menyiapkan dan memberikan harga beras terbaik untuk masyarakat Klungkung melalui program inovasi Beli Mahal Jual Murah (BIMA JUARA).

Manager KUD Panca Satya, I Nengah Sujana, menyatakan kesiapannya untuk membantu pemerintah apabila diperlukan, terkait dengan penyediaan stok beras bagi masyarakat Klungkung.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Virus Corona yang Salah Kaprah Menurut Medis

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya