Tak Dampingi Sumatri Daftar ke KPU, Cawabup Sukerana Positif COVID-19

#millennialsmemilih Cabup-Cawabup Karangasem daftar ke KPU

Karangasem, IDN Times - Proses pendaftaran calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Karangasem dimulai, Jumat (4/9/2020). Pasangan paket NADI (Gede Dana-Artha Dipa) datang tepat waktu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekitar pukul 10.15 Wita. Sementara Paket Massker (IGA Mas Sumatri-Made Sukerana) molor datang ke KPU, yaitu sekitar pukul 12.30 Wita.

IGA Mas Sumatri tampak datang seorang diri. Karena wakilnya, I Made Sukerana, harus menjalani isolasi karena positif COVID-19.

Baca Juga: Profil Singkat I Komang Gede Sanjaya, Calon Bupati Tabanan dari PDIP

1. Paket NADI datang mendaftar lebih dulu ke KPU Karangasem

Tak Dampingi Sumatri Daftar ke KPU, Cawabup Sukerana Positif COVID-19I Wayan Artha Dipa. (Facebook.com/pemda.karangasem)

Proses pendaftaran cabup dan cawabup Karangasem tidak sesuai jadwal. Pasangan Massker yang dijadwalkan lebih dulu pada pukul 09.00 Wita, justru datang molor. Sementara paket NADI datang sesuai jadwal, yaitu pukul 10.15 wita.

Paket NADI datang didampingi oleh masing-masing istrinya. Yakni Ni Made Nuriasih dan Ni Nengah Sarini Artha Dipa. Bahkan pasangan calon (Paslon) yang diusung PDIP, Hanura, dan PSI tersebut datang didampingi Ketua Tim Pemenangan NADI I Gusti Ngurah Alit Kesuma Kelakan, Bupati Gianyar Agus Mahayastra, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Karangasem, Sekretaris Hanura Karangasem I Made Arnawa dan Ginantra Artana, serta Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Karangasem I Putu Jenana.

"Berkas paslon Gede Dana dan Wayan Artha Dipa kami periksa sekitar dua jam dan sudah dinyatakan lengkap untuk memenuhi persyaratan pencalonan Bupati Karangasem dan Wakil Bupati Karangasem," ujar Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana.

Baca Juga: Dapat Rekomendasi dari PDIP, Dana-Dipa Head to Head Tantang Incumbent

2. Mas Sumatri datang tanpa wakilnya karena positid COVID-19

Tak Dampingi Sumatri Daftar ke KPU, Cawabup Sukerana Positif COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

IGA Mas Sumatri baru datang mendaftar ke KPU Karangasem sekitar pukul 12.00 Wita, tanpa wakilnya. Namun ia didampingi oleh suaminya I Gusti Made Tusan, beserta sejumlah pengurus partai pendukung dan simpatisan seperti mantan bupati Karangasem, I Wayan Gredeg. Hasil swab Made Sukerana dinyatakan positif COVID-19, dan harus dirawat di RS Bali Mandara.

"Beliau (Made Sukarena) positif COVID-19. Sesuai protokol penanganan, harus menjalani isolasi. Itu sudah saya sudah sampaikan di ruang pendaftaran. Surat yang kami layangkan sudah cukup dipakai untuk mendaftar," ungkap Ketua Tim Pemenangan Paket Massker, I Nengah Sumardi.

3. Pendaftaran Mas Sumatri dinyatakan sah meski datang tanpa wakilnya

Tak Dampingi Sumatri Daftar ke KPU, Cawabup Sukerana Positif COVID-19Bupati Karangasem, Mas Sumatri. (Facebook.com/pemda.karangasem)

Meskipun Made Sukerana tidak hadir mendampingi IGA Mas Sumatri, pendaftaran cabup-cawabup Karangasem tetap bisa dilaksanakan dan dinyatakan sah. Mengingat mereka juga telah dilampirkan surat keterangan hasil swab positif COVID-19 dari Sukerana.

"Sesuai ketentuan diperbolehkan mendaftar, karena sudah melampirkan surat keterangan hasil swabnya. Makanya pendaftaran hari ini kami mundur, karena harus menunggu hasil swab keluar. Hasilnya Sukerana positif COVID-19," tambah Sumardi.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya