Sesari dan 4 Krat Telur Bebek Raib di Pura Dalem Setra Bugbugan

Pencurian di area pura ini memang perlu atensi khusus

Klungkung, IDN Times - Sesari (Dana punia atau sumbangan sukarela), empat krat telur bebek dan beberapa barang lainnya raib, yang curiga dicuri oleh seseorang, di Pura Dalem Setra Bugbugan, Desa Gelgel, Senin (16/9). dilaporkan disambangi maling, Senin (16/9). Kejadian ini membuat pengepon pura melaporkan kasus tersebut ke Kepolisian Sektor (Polsek) Klungkung, Rabu (18/9) ini.

1. Tiga tabung gas juga ikut raib

Sesari dan 4 Krat Telur Bebek Raib di Pura Dalem Setra BugbuganFoto hanya ilustrasi. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Kejadian ini baru diketahui, ketika seorang pengayah pura, Nyoman Sumarta, datang ke Pura Dalem Setra Bugbugan untuk menyapu, Senin (16/9) sekitar pukul 06.00 Wita.

Setelah menyapu, ia hendak menyeduh kopi untuk sesajen pura. Namun ketika akan merebus air di dalam bangunan Bale Pewargan Pura, kompornya tidak kunjung menyala.

"Karena kompornya tidak kunjung menyala, ia lalu mengecek tabung gas di Bale Pewargan. Ternyata tiga tabung gas berat tiga kilogram di sana telah hilang," ujar Kapolsek Klungkung, Kompol I Wayan Sarjana, Rabu (18/9).

2. Pemangku pura langsung lapor polisi begitu sesari dan telur bebek turut raib

Sesari dan 4 Krat Telur Bebek Raib di Pura Dalem Setra BugbuganPurelypoultry.com

Merasa ada kejanggalan, Sumarta langsung memanggil pemangku di pura setempat, Jero Mangku Wayan Dastra. Mereka berdua lalu kembali ke pura dan mengecek barang lainnya. Ternyata tidak hanya tabung gas. Sesari dari para pamedek (Umat yang bersembahyang) juga hilang dengan nominal sekitar Rp600 ribu. Bahkan telur bebek berjumlah empat krat turut raib.

Curiga semua barang tersebut dicuri, Nyoman Sumarta dan Jero Mangku Wayan Dastra lalu melaporkan kasus ini ke Polsek Klungkung.

"Kami langsung ke Polsek untuk melapor," ungkap Sumarta.

3. Pencurian di pura perlu mendapat atensi khusus

Sesari dan 4 Krat Telur Bebek Raib di Pura Dalem Setra BugbuganIDN Times/Wayan Antara

Kembali mencuatnya kasus pencurian di area pura, membuat kepolisian lebih siaga. Tanpa banyak pertimbangan, kepolisian langsung melakukan lidik terkait kasus ini.

"Walau kerugiannya di bawah Rp1 juta, namun kasus pencurian di area pura ini perlu mendapatkan atensi khusus. Sehingga tidak terjadi lagi di tempat lainnya," jelas Wayan Sarjana.

Akibat kejadian itu, total kerugian yang dialami pengempon pura sekitar Rp870 ribu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya