[FOTO] Warga dan Damkar Berjibaku Padamkan Pura Pucak Sari

Pengempon pura langsung melaksanakan guru piduka

Klungkung, IDN Times - Pura Pucak Sari di Desa Pesinggahan, Kabupaten Klungkung, mengalami kebakaran hebat, Selasa (16/9). Kebakaran tersebut sempat membuat warga panik karena meludeskan empat bangunan suci.

1. Warga melihat asap mengepul dari atas bukit

[FOTO] Warga dan Damkar Berjibaku Padamkan Pura Pucak SariIDN Times/Wayan Antara

Pura Pucak Sari terletak di kawasan Bukit Tengah, Desa Pesinggahan. Tepatnya berada di atas Pura Goa Lawah di Desa Pesinggahan, Klungkung. Kejadian kebakaran pertama diketahui oleh para pedagang di Pura Goa Lawah, yang melihat asap di perbukitan di atas pura Goa Lawah. Lalu pedagang melaporkan hal ini ke Bendesa Pura Goa Lawah, I Putu Juliadi.

"Bendesa Pura bersama warga baik ke atas, dan dilihat api sudah berkobar di dalam pura," ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Klungkung, I Putu Suarta.

2. Api cepat menyambar bangunan Pura karena terbuat dari bahan ijuk

[FOTO] Warga dan Damkar Berjibaku Padamkan Pura Pucak SariDok.IDN Times/Istimewa

Kejadian ini sontak membuat pengepon pura kaget. Warga yang panik berusaha memadamkan api dengan cara mengambil air di bawah bukit. Beberapa petugas juga menghubungi damkar agar penanganannya lebih cepat.

Armada damkar tiba di TKP (Tempat Kejadian Perkara) ketika api sudah berkobar hebat. Api itu cepat berkobar karena sebagian besar bangunan di pura dari bahan ijuk.

"Pemadaman membutuhkan waktu lebih dari sejam. Api dengan cepat merembet, karena atap bangunan berbahan ijuk," ungkap Suarta.

3. Empat bangunan Pura ludes. Pengempon pura akan melaksanakan guru piduka

[FOTO] Warga dan Damkar Berjibaku Padamkan Pura Pucak SariIDN Times/Wayan Antara

Ada empat bangunan yang dilalap si jago merah. Di antaranya Piasan, Pelinggih Sri Sedana, Pelinggih Manik Mas, dan Bale Pengaruman. Kerugiannya diperkirakan lebih dari Rp500 juta.

Pascakejadian, pihak pengempon pura segera membersihkan puing-puingnya, serta melaksanakan guru piduka (Permohonan maaf secara niskala), termasuk memohon petunjuk ke sulinggih terkait kejadian tersebut.

4. Apa penyebabnya ya?

[FOTO] Warga dan Damkar Berjibaku Padamkan Pura Pucak SariIDN Times/Wayan Antara

Setelah api padam, Kepolisian Resor (Polres) Klungkung langsung melakukan olah TKP. Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana, dan Kasat Reskrim Klungkung AKP Mirza Gunawan turun langsung melakukan penyelidikan terkait musibah ini. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta juga datang ke TKP sesaat setelah api padam.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Labfor Polda Bali, untuk penyelidikan kejadian ini. Kami masih cari tahu penyebab pasti kebakarannya," ungkap Komang Sudana.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya