Kulkul Bulus Berbunyi, Pura Dalem di Nusa Penida Kebakaran Hebat

7 pelinggihnya terbakar

Klungkung, IDN Times - Pura Dalem Setra di Desa Batununggul, Nusa Penida mengalami kebakaran hebat, Rabu (22/7/2020). Peristiwa ini membuat warga sekitar geger sampai membunyikan kukul bulus. Setidaknya ada tujuh bangunan pelinggih yang hangus terbakar.

1. Bermula ketika api membakar rerumputan di sekitar pura

Kulkul Bulus Berbunyi, Pura Dalem di Nusa Penida Kebakaran HebatDok.IDN Times/Istimewa

Kapolsek Nusa Penida, AKP I Gede Sukadana, menjelaskan kejadian itu pertama kali diketahui oleh warga setempat, Dewa Ketut Sudana (65) dan I Dewa Udiana (43). Mereka melihat ada kepulan asap dari sebelah timur Pura Dalem Setra.

Setelah dihampiri, mereka melihat api membakar hamparan rumput milik Dewa Keta, yang berbatasan langsung dengan Pura Dalem Setra Batununggul.

"Saat kejadian itu, angin memang cukup kencang. Percikan api yang beterbangan, lalu membakar salah satu atap pelinggih dan bangunan bale sor yang terbuat dari ijuk," jelas Sukadana.

2. Suara kulkul bulus dibunyikan. Seluruh warga berhamburan keluar rumah untuk padamkan api

Kulkul Bulus Berbunyi, Pura Dalem di Nusa Penida Kebakaran HebatDok.IDN Times/Istimewa

Kejadian ini sontak membuat mereka panik. Seorang warga bahkan membunyikan kulkul bulus sebagai tanda terjadinya bahaya. Warga lalu berhamburan keluar rumah, dan panik melihat api membakar pura mereka. Masyarakat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Tidak lama, petugas pemadam kebakaran (Damkar), polisi, dan TNI juga membantu proses pemadamam api.

"Karena angin kencang, api dengan cepat membakar bangunan pelinggih. Apalagi atap yang terbuat dari ijuk, membuat api dengan cepat merembet," jelas Sukadana.

3. Kebakaran ini mengalami kerugian mencapai Rp2 miliar

Kulkul Bulus Berbunyi, Pura Dalem di Nusa Penida Kebakaran HebatDok.IDN Times/Istimewa

Sembilan bangunan pelinggih terbakar. Yaitu Pelinggih Meru, Gedong Dalem, Pengaruman. Limas Sari, Limas Catu, Gedong Sari, Pelinggih Manjangan Seluwang, dan Bale Sor juga ikut hangus terbakar.

"Kerugian dari kejadian ini diperkirakan mencapai Rp2 miliar. Sementara api penyebab kebakaran diduga bermula dari warga yang membakar sampah di sekitar pura," ungkapnya.

Baca Juga: 3 Tempat Wisata di Klungkung Bali Telah Dibuka! Nusa Penida Menyusul

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya