Pura Beji di Klungkung Rawan Rusak Jika Banjir

Harus ditangani segera nih

Klungkung, IDN Times - Fenomena La Nina memicu cuaca ektrem di beberapa wilayah Bali, khususnya Kabupaten Klungkung. Hujan deras yang terjadi kembali menyebabkan banjir di bantaran Sungai Unda, dan menghancurkan akses jalan menuju Pura Beji di Desa Akah. Berdasarkan pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung, fenomena anomali cuaca ini juga paling rentan menyebabkan bencana longsor dan pohon tumbang di wilayah Klungkung.

1. Hujan deras menyebabkan akses jalan hancur di Pura Beji Desa Akah

Pura Beji di Klungkung Rawan Rusak Jika BanjirIDN Times/Wayan Antara

Hujan deras yang dipengaruhi oleh fenomena La Nina menyebabkan banjir di bantaran Sungai unda. Banjir tersebut bahkan menghancurkan akses jalan menuju Pura Beji di Desa Akah.

Akses jalan yang hancur merupakan jalan beton sepanjang sekitar 50 meter. Akibatnya, masyarakat tidak bisa menggunakan kendaraan ke Pura Beji untuk sementara waktu. Padahal Pura tesebut biasanya jadi tujuan masyarakat untuk nunas tirta atau mencari sumber mata air bersih. Selain itu, keberadaan Pura Beji di bantaran Sungai Unda juga semakin terancam jika kembali banjir.

"Apabila tidak segera ditangani, Pura Beji bisa rawan rusak jika ada banjir lagi," ujar Wakil Bupati (Wabup) Klungkung, Made Kasta, yang juga berasal dari Desa Akah, Senin (19/10/2020).

2. Klungkung paling rawan longsor dan pohon tumbang

Pura Beji di Klungkung Rawan Rusak Jika BanjirIDN Times/Wayan Antara

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Klungkung, I Putu Widiada, mengatakan saat ini sebenarnya belum memasuki musim penghujan di Bali. Hanya saja cuaca tidak menentu karena fenomena La Nina menyebabkan anomali cuaca.

Khusus di Klungkung, menurutnya fenomena ini kerap menimbulkan bencana longsor dan pohon tumbang. Bahkan bencana ini berpotensi terjadi di setiap kecamatan wilayah Klungkung.

"Hasil pemetaan bencana kami, di Klungkung kerap terjadi bencana pohon tumbang dan longsor," ungkap Widiada.

Baca Juga: Warga Pelanggar Masker Dihukum Bersihkan Kantor Satpol PP Klungkung

3. Silakan hubungi nomor di bawah ini:

Pura Beji di Klungkung Rawan Rusak Jika BanjirIDN Times/Wayan Antara

Widiada menegaskan, perlunya membangun kesiapsiagaan masyarakat sebagai bentuk mitigasi bencana. Apalagi masyarakat paling berisiko tinggi terkena bencana alam, terutama yang tinggal di wilayah perbukitan atau bantaran sungai.

"Kami sudah bersurat ke masing-masing desa untuk meminta masyarakat waspada akan risiko bencana saat anomali cuaca saat ini," jelas Widiada.

Pihaknya berencana melakukan simulasi mitigasi bencana ke warga secara gencar.

"Jika ada bencana, silakan hubungi nomor telepon kami (0366) 23000. Nanti tim reaksi cepat kami langsung turun mengatasi dampak bencana yang terjadi," kata Widiada.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya