Parwata-Pandu Jalan Kaki 2 Km Daftar ke KPU Karangasem

Mereka jadi paslon pertama yang mendaftar ke KPU Karangasem

Karangasem, IDN Times - I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa resmi mendaftar sebagai pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karangasem ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem, Selasa (27/8/2024).

Mereka ke KPU dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer, yang diikuti oleh ribuan pendukungnya. Perjalanan mereka juga diiringi oleh tabuh baleganjur, dan tokoh pewayangan Hanoman. Gusti Parwata adalah pasangan calon (paslon) pertama yang mendaftar ke KPU Karangasem.

"Kami datang untuk perubahan Karangasem dan meminta dukungan masyarakat untuk kemajuan daerah ini," ujar Gusti Putu Parwata, Selasa (27/8/2024).

Hal senada diungkapkan Pandu Prapanca Lagosa. Ia menyebutkan pentingnya persatuan dalam mencapai cita-cita besar untuk Karangasem.

"Kita harus bersatu untuk membangun Karangasem secara agung menuju Karangasem yang gemah ripah loh jinawi," ungkap dia.

1. Gusti Parwata dan Pandu Prapanca didukung lima parpol

Parwata-Pandu Jalan Kaki 2 Km Daftar ke KPU KarangasemPaket Gusti Parwata dan Pandu Lagosa saat daftar ke KPU Karanagsem. (IDN Times/Wayan Antara)

Total lima partai politik (parpol) di Karangasem yang mendukung paslon Gusti Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa. Yakni Partai Nasdem dan Golkar sebagai partai pengusung. Lalu ada PPP, PKS, dan PBB.

Kedua orang ini familiar di catur perpolitikan Karangasem. Pandu Lagosa merupakan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karangasem. Sedangkan Gusti Parwata merupakan pengusaha, yang juga putra dari Bupati Karangasem periode 2016-2021.

2. Paslon ini menerima rekomendasi dari Golkar di menit-menit akhir

Parwata-Pandu Jalan Kaki 2 Km Daftar ke KPU KarangasemPaket Gusti Parwata dan Pandu Lagosa saat daftar ke KPU Karanagsem. (Dok. IDN Times/Wayan Antara)

Golkar menjadi partai terakhir yang mengeluarkan rekomendasi untuk I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa. Pasalnya, rekomendasi Golkar untuk Bali baru selesai disusun sekitar pukul 23.00 Wita, Senin (26/8/2024).

Hal ini cukup mengejutkan, karena sebelumnya beredar informasi rekomendasi Golkar untuk Karangasem jatuh ke paket Gede Dana dan Nengah Swadi yang diusung PDIP. Namun pada malam harinya, Golkar memutuskan memberikan rekomendasinya ke I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa.

3. Tiga pasangan calon di Pilkada Karangasem

Parwata-Pandu Jalan Kaki 2 Km Daftar ke KPU KarangasemPaket Gusti Parwata dan Pandu Lagosa saat daftar ke KPU Karanagsem. (Dok. IDN Times/Wayan Antara)

Pemilihan Bupati (Pilbup) Karangasem 2024 telah mengerucut dan diikuti oleh tiga paslon. Mereka adalah Gusti Parwata-Pandu Lagosa, I Gede Dana-I Nengah Swandi yang diusung oleh PDIP, dan paslon independen I Wayan Kari Subali-I Ketut Putra Ismaya Jaya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya