Kena Razia Provos, Oknum Polisi di Bali Tak Bawa Surat-surat Kendaraan

Sebelum menindak masyarakat, mereka juga perlu tertib lho

Klungkung, IDN Times - Kepolisian mulai melaksanakan Ops (Operasi) Patuh Agung 2019 dari tanggal 29 Agustus sampai 11 September. Tak hanya masyarakat umum, razia ini juga menyasar anggota polisi. Seperti yang dilakukan di Kabupaten Klungkung. Provos Klungkung melakukan razia kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor terhadap personel kepolisian di Kepolisian Resor (Polres) Klungkung.

Razia ini dilakukan untuk memastikan personel Polres Klungkung tertib membawa kelengkapan surat-surat serta kondisi kendaraannya. Hasilnya, ada oknum polisi yang tidak membawa kelengkapan surat kendaraan.

1. Razia dilaksanakan secara mendadak sebelum apel pagi

Kena Razia Provos, Oknum Polisi di Bali Tak Bawa Surat-surat KendaraanDok.IDN Times/Istimewa

Razia kelengkapan surat-surat kendaraan dinas dan pribadi kepada personel Polres Klungkung tersebut dilaksanakan mendadak sebelum apel pagi, di depan halaman Polres Klungkung.

Setiap personel yang akan masuk ke Mako Polres Klungkung dihentikan laju kendaraannya. Mereka lalu diperiksa kelengkapan surat-surat kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Kelengkapan kendaraan yang dibawa personel kepolisian juga kami cek secara detail. Semua kami periksa, mulai dari seragam Polri hingga kelengkapan surat-surat kendaraannya" ujar Kasi Provos, Ipda Ida Bagus Ketut Arsa, Kamis (29/8).

2. Razia mendadak ini dilakukan supaya polisi ikut terbit sebelum menindak masyarakat umum

Kena Razia Provos, Oknum Polisi di Bali Tak Bawa Surat-surat KendaraanDok.IDN Times/Istimewa

Provos memeriksa kendaraan dinas di parkiran Polres. Pengecekan itu difokuskan pada nomor polisi (Nopol) dinas, stiker maupun logo kepolisian pada kendaraan dinas. Pemeriksaan personel ini bertujuan agar personel Polres Klungkung secara umum juga tertib kelengkapan surat-surat kendaraannya, sebelum menindak masyarakat yang tidak tertib.

"Kita tertibkan semua. Jangan sampai ada polisi yang kendaraannya di luar ketentuan," ungkapnya.

3. Oknum polisi tidak membawa kelengkapan surat kendaraan karena ketinggalan di rumah

Kena Razia Provos, Oknum Polisi di Bali Tak Bawa Surat-surat KendaraanDok.IDN Times/Istimewa

Selama razia ditemukan seorang personel Polres Klungkung yang tidak membawa surat-surat kendaraan. Alasannya karena ketinggalan di rumah. Ia tidak ditilang namun oknum polisi itu hanya diberikan teguran oleh personel Provos.

"Pemeriksaan terhadap kendaraan dan kelengkapan surat-surat merupakan bentuk pengawasan terhadap kesiapan anggota Polri sebelum melaksanakan tugas di lapangan. Karena disiplin dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu,” ungkapnya.

4. Ada delapan sasaran yang menjadi prioritas razia, ini di antaranya:

Kena Razia Provos, Oknum Polisi di Bali Tak Bawa Surat-surat KendaraanDok.IDN Times/Istimewa

Sekadar diketahui, polisi menggelar Ops Patuh Agung mulai tanggal 29 Agustus sampai 11 September. Ada delapan sasaran yang mereka prioritaskan. Yaitu pelanggaran helm SNI, pengaruh alkohol, lampu rotator, pengendara di bawah umur, sabuk keselamatan, penggunaan ponsel selama berkendara, melawan arus, dan melebihi batas kecepatan maksimal.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya