Nusa Penida Banyak Akomodasi Bodong, Klungkung Buat Inovasi Perizinan

Biar investornya mau mengurus izin

Klungkung, IDN Times - Pemerintah Klungkung (Pemkab) Klungkung meluncurkan program "Inovasi One Stop Service Menli Investment And License Integration System", untuk mengatasi permasalahan perizinan di Klungkung. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, mengatakan saat ini masih banyak pengusaha yang malas mengurus izinnya. Sehingga banyak akomodasi wisata di Nusa Penida statusnya tidak berizin alias bodong.

1. Investor dan masyarakat masih malas urus izin

Nusa Penida Banyak Akomodasi Bodong, Klungkung Buat Inovasi PerizinanPexels.com/Francesco Ungaro

Bupati Suwirta mengatakan, saat ini masyarakat atau investor di Klungkung masih malas mengurus izinnya. Akomodasi bodong atau tidak berizin malah menjamur seiring dengan perkembangan pesat pariwisata. Sehingga dengan hadirnya program pelayanan Inovasi perizinan online terintegrasi ini, bisa mempermudah investor atau masyarakat umum untuk mengurus segala bentuk izin.

"Inovasi program perizinan terintegrasi satu pintu berbasis online ini, untuk menjawab tantangan iklim investasi di Nusa Penida, yang begitu banyak hotel, vila dan restoran selama ini tidak berizin," ujar Bupati Suwirta, Minggu malam (6/10).

2. Targetkan pendapatan besar dari pariwisata

Nusa Penida Banyak Akomodasi Bodong, Klungkung Buat Inovasi PerizinanIDN TImes/Reza Iqbal

Program ini menjadi titik awal yang sejalan dengan cita-cita Pemkab Klungkung untuk membuat mal pelayanan publik pada tahun 2021. Dirinya juga meminta Dinas terkait supaya bekerja sama dan bersinergi untuk mengoptimalkan inovasi ini. Sehingga nanti memberikan manfaat yang maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan.

"Saya yakin Nusa Penida ini akan menjadi sumber pendapatan yang paling besar di bidang pariwisata dengan syarat investor mengikuti aturan dari pemerintah," jelasnya.

3. Inovasi ini menggabungkan lima sistem

Nusa Penida Banyak Akomodasi Bodong, Klungkung Buat Inovasi PerizinanIDN Times/Wayan Antara

Kepala Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Klungkung, Made Sudiarka Jaya, mengatakan inovasi ini merupakan sistem program yang dicetuskan untuk mempermudah pelayanan perizinan di Klungkung. Program ini mulai diperkenalkan saat perhelatan Nusa Penida Festival.

Program ini secara umum menggabungkan lima sistem yang ada. Yaitu Catalog Investasi, Promosi Investasi Secara Online, Perizinan maupun Non Perizinan Secara Online, serta Pengaduan Online.

"Perizinan oline ini bisa dibuka dan diurus dari rumah, tinggal pada saat final, berkas aslinya harus disetor ke Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Terobosan untuk mempercepat atau memperingkas masyarakat untuk mengurus perizinan," terangnya.

Baca Juga: Pagar Tambang Dipasang di Devil's Tear, Turis Tetap Diminta Jaga Diri

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya