Kondisi Jalan di Desa Tiga Bangli Retak Sebelum Longsor

Pemerintah setempat akan mengkaji perbaikannya

Bangli, IDN Times - Jalan putus yang berlokasi di Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, viral di media sosial (medsos) sejak beberapa hari terakhir. Sejumlah warganet ada yang tidak memercayai jika lokasi kejadiannya berada di Bali.

Jalan ini menghubungkan dua wilayah banjar, yakni Banjar Malet Tengah dan Banjar Malet Gusti. Jalannya sendiri sudah tergerus longsor, sejak Rabu (10/4/2024) sore sekitar pukul 17.00 Wita.

Saat ini pihak Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Bangli masih melakukan kajian untuk memperbaiki jalan tersebut. Kajian ini akan melibatkan akademisi teknis untuk perbaikan ruas jalan. Termasuk berkoordinasi dengan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta.

1. Sebelum putus tergerus longsor, kondisi tanahnya sudah retak

Kondisi Jalan di Desa Tiga Bangli Retak Sebelum LongsorJalan putus di Desa Tiga Bangli. (Dok. IDN Times/istimewa)

Perbekel Desa Tiga, I Putu Merta Utama, mengatakan sebelum jalan itu putus, Kabupaten Bangli dan sekitarnya diguyur hujan deras. Empat hari sebelumnya, warga sudah melihat retakan di jalan tersebut.

"Begitu tahu retak, saya langsung laporkan ke tim percepatan di pemkab dan Dinas PU untuk mendapat penanganan," ujar Putu Merta, Senin (15/4/2024).

Beberapa jam sebelum longsor, pihaknya sempat berkoordinasi dengan kepala wilayah Malet Tengah untuk menutup akses jalan. Selain karena retak, permukaannya tiba-tiba tidak rata dan sangat membahayakan.

"Sekitar jam 5 sore. Saya dapat info jalan itu putus," kata Merta.

2. Jalan di sini memiliki panjang sekitar 150 meter dan tergerus longsor ke jurang

Kondisi Jalan di Desa Tiga Bangli Retak Sebelum LongsorJalan putus di Desa Tiga Bangli. (Dok. IDN Times/istimewa)

Jalan yang putus di Desa Tiga itu memiliki panjang sekitar 150 meter. Longsor tidak hanya menggerus jalan, tetapi juga tanah perkebunan milik warga. Lebar jalan dan kebun warga yang tergerus itu sekitar 20 meter.

"Kami berharap jalan itu segera mendapatkan penanganan," harap Merta.

Jalan tersebut menjadi jalur utama warga setempat menuju Pasar Kayuambua dan Pusat Pemerintahan Kecamatan Susut. Karena jalannya putus, warga harus melewati jalur lain yang lebih sempit dan jauh.

3. Pemkab Bangli siapkan kajian perbaikan jalan yang putus

Kondisi Jalan di Desa Tiga Bangli Retak Sebelum LongsorJalan putus di Desa Tiga Bangli. (Dok. IDN Times/istimewa)

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Bangli, Dewa Wiadnyana Maya, mengatakan pihaknya telah melakukan penanganan. Saat ini sedang mempersiapkan kajian untuk penanganan jalan tersebut, apakah memungkinkan untuk diperbaiki, atau direlokasi ke lokasi lain. Kajian ini juga akan melibatkan akademisi.

"Perbaikannya masih kami kaji dulu dengan akademisi, serta minta pendapat juga ke pimpinan (bupati)," ungkap Wiadnyana.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya