Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Ingin Siapkan Rumah untuk Ayah

I Gusti Putu Danny gugur ditembak oleh terduga KKB

Gianyar, IDN Times - Jenazah Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, dikremasi pada Selasa (27/4/ 2021) di Jakarta. Sebelum dikremasi, beberapa tokoh sempat memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah almarhum Brigjen Putu Danny di Balai Komando Cijantung, Jakarta Timur.

Gusti Putu Danny Karya Nugraha diketahui lahir dan besar di Bandung, Jawa Barat. Namun orangtuanya berasal dari Lingkungan Beng Kelod Kauh, Kelurahan Beng, Kabupaten Gianyar. Diketahui pula bahwa Gusti Putu Danny sesungguhnya tengah menyiapkan sebuah rumah di kampung halamannya di Desa Beng, mengingat sang ayah berencana akan tinggal di kampung halaman.

Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Ingin Siapkan Rumah untuk AyahSejumlah prajurit Kopassus bersiap mengusung jenazah Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Mayjen Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Selasa (27/4/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Baca Juga: Jenazah Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Dievakuasi ke Timika

1. Lahir dari ayah yang juga Purnawirawan TNI

Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Ingin Siapkan Rumah untuk AyahBelasungkawa untuk Kabinda Papua I Gusti Putu Danny (twitter.com/nemangkawipapua)

I Gusti Putu Danny merupakan putra sulung dari Purnawirawan TNI Kolonel Gusti Putu Karya yang sempat menjadi anggota Koppasus. 

"Keponakan saya jarang pulang kampung karena tugasnya. Kadang dua tahun sekali kalau saat ada upacara yadnya. Tapi kami sangat dekat, keluarga juga sering komunikasi," ujar paman korban, Gusti Putu Kardita, Selasa (27/4/2021).

Saat ini, almarhum Gusti Putu Danny meninggalkan dua orang anak dan istri. "Anak pertamanya baru lulus SMA dan rencananya mau mendaftar juga di militer. Lalu anak keduanya masih 11 tahun. Rencana jenazahnya hari ini diupacarai di Jakarta," jelas Gusti Putu Kardita, yang merupakan adik kandung Gusti Putu Karya.

Baca Juga: [BREAKING] Kenaikan Pangkat untuk I Gusti Putu Danny yang Ditembak KKB

2. Gusti Putu Danny memperbaiki rumah untuk sang ayah

Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Ingin Siapkan Rumah untuk AyahSuasana kediaman Kepala BIN Daerah Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha di Kelurahan Beng, Kabupaten Gianyar, Selasa (26/4/2021). (Dok.IDNTimes/istimewa)

Gusti Putu Kardita juga menjelaskan, saat ini Gusti Putu Danny tengah membangun rumah di kampung halamannya yang dipersiapkan untuk orangtuanya. Bahkan saat ini rumah itu masih tahap pembangunan dan tukang-tukang masih bekerja.

Menurut Kardita, sebelumnya rumah itu sudah tidak layak huni karena jarang ditinggali oleh keluarga Gusti Putu Danny. Saat ini masih dalam tahap renovasi dan ke depannya akan digunakan sebagai rumah dari orangtua Gusti Putu Danny. Nantinya juga menjadi tempat singgah I Gusti Putu Danny saat pulang ke Bali.

"Rumah yang baru dibangun ini modalnya dari Gusti Putu Danny. Rencanya untuk rumah ayahnya yang mau menetap di kampung halaman," ungkap Gusti Putu Kardita.

Ia pun mengatakan sangat sedih dengan musibah ini. "Keputusan keluarga, jenazah diaben di Jakarta," ungkapnya.

3. Pengabenan dilaksanakan di Jakarta, abu jenazah mapendem pratiwi di TMP Kalibata

Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Ingin Siapkan Rumah untuk AyahIlustrasi Taman Makam Pahlawan Kalibata (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Upacara pengabenan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny dilaksanakan sekitar pukul 07.00 WIB di Krematorium Cibinong. Sebelum dimakamkan, beberapa tokoh tampak memberikan penghormatan terakhir ke almarhum, di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain itu dilaksanakan pula doa pitra puja di Balai Komando, bertepatan dengan Hari Purnama. Abu dari I Gusti Putu Danny mapendem pratiwi (dimakamkan) di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny meninggal dunia usai ditembak oleh terduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pada Minggu, 25 April 2021. Saat itu korban sedang meninjau lokasi pembakaran yang diduga dilakukan KKB di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

“Saat ini telah dilaksanakan proses evakuasi dari lokasi kejadian dan besok pagi direncanakan akan dibawa ke Timika, yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata,” kata Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto lewat keterangan tertulisnya, Senin (26/4/2021).

4. Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat

Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Ingin Siapkan Rumah untuk AyahPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengucapkan duka mendalam atas gugurnya I Gusti Putu Danny saat menjalankan tugasnya di Papua. Jokowi akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat kepada I Gusti Putu Danny secara anumerta menjadi Mayor Jenderal.

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi, pengabdian, serta pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha diangkat menjadi Kabinda Papua pada Juni 2020. Berdasarkan mutasi jabatan sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020 tanggal 18 Juni 2020. Brigjen TNI I Gusti Putu Danny ditunjuk sebagai Kabinda Papua menggantikan Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon. Sebelumnya Brigjen TNI I Gusti Putu Danny menjabat sebagai Pamen Denma Markas Besar TNI AD dengan pangkat Kolonel Infantri.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya