Jenazah Warga Ditemukan di Danau Batur Kedalaman 12,3 Meter

Pencarian para penyelam membuahkan hasil sejak pagi

Bangli, IDN Times- Warga Banjar Dinas Taksu, Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, I Nyoman Sudaya (32), yang dilaporkan hilang, ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, Rabu (27/9/2023). Tim Search and Rescue (SAR) gabungan menemukan jenazahnya di kedalaman 12,3 meter.

Jenazah itu ditemukan oleh tim penyelam dari Basarnas Bali dan Polair Polda Bali. Upaya pencarian Sudaya sudah dilakukan sejak Selasa (26/9/2023).

Baca Juga: Seorang Warga Diduga Tenggelam di Danau Batur

1. Enam penyelam dikerahkan untuk menemukan Nyoman Sudaya pada hari pertama

Jenazah Warga Ditemukan di Danau Batur Kedalaman 12,3 MeterTim SAR melakukan pencarian warga yang diduga tenggelam di Danau Batur(Dok.IDNTimes/Basarnas Bali)

Pencarian Nyoman Sudaya ini memasuki hari kedua, Rabu (27/9/2023), dan tim SAR gabungan sudah bergerak sejak pagi. Pada hari pertama, pencariannya dilakukan dengan menyisir Danau Batur, termasuk di seputaran pinggir rumpon.

Basarnas Bali mengerahkan empat penyelam sekitar pukul 10.00 Wita, yang dibantu oleh dua penyelam dari Polair Polda Bali. Penyelaman pertama ini berlangsung satu jam, sampai pukul 11.00 Wita. Namun Nyoman Sudaya belum ditemukan.

"Pencarian pertama selama satu jam, target (Nyoman Sudaya) belum ditemukan," ungkap Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Bali, I Wayan Suwena, Rabu (27/9/2023).

2. Jenazah Sudaya ditemukan tenggelam di kedalaman 12,3 meter

Jenazah Warga Ditemukan di Danau Batur Kedalaman 12,3 MeterTim SAR melakukan pencarian warga yang diduga tenggelam di Danau Batur(Dok.IDNTimes/Basarnas Bali)

Pada hari kedua, tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian sejak pagi. Tim penyelam lalu menemukan jenazah Nyoman Sudaya di kedalaman 12,3 meter sekitar pukul 13.35 Wita.

Jenazah Sudaya masih mengenakan pakaian lengkap, yaitu kemeja lengan panjang kotak-kotak dan celana pendek warna hitam.

"Jenazah (Sudaya) telah diserahkan kepada pihak kepolisian dan keluarganya, setelah berkoordinasi untuk kelanjutannya dibawa ke rumah duka," jelas Suwena.

3. Keluarga curiga Sudaya tenggelam, karena ditemukan sepeda motornya di tepi Danau Batur

Jenazah Warga Ditemukan di Danau Batur Kedalaman 12,3 MeterTim SAR melakukan pencarian warga yang diduga tenggelam di Danau Batur(Dok.IDNTimes/Basarnas Bali)

Sebelumnya, pihak keluarga mencurigai I Nyoman Sudaya tenggelam setelah menemukan sepeda motor dan pakaian miliknya di tepi Danau Batur, Selasa (26/9/2023). Pihak keluarga langsung melapor ke Polres Bangli, dan diteruskan ke Basarnas Bali.

"Laporan kejadian diterima Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar) siang kemarin pada pukul 12.45 Wita dari Polres Bangli. Setelah dilakukan koordinasi dengan Polres Bangli, kami berangkatkan delapan personel dari Pos SAR Karangasem," kata Kepala Kantor Basarnas Bali, I Nyoman Sidakarya, Rabu (27/9/2023).

Kapolsek Kintamani, Kompol Ruli Agus Susanto, menjelaskan Nyoman Sudaya sempat mengirim pesan WhatsApp ke keluarganya sekitar pukul 02.00 Wita, Selasa (26/9/2023).

"Isi pesan WhatsApp itu, ia (Sudaya) minta dijemput di Pancoran Solas, Desa Kedisan. Tapi pesan itu baru dibaca keponakannya pukul 07.00 Wita," ungkap Ruli Agus Susanto.

Mendapatkan pesan itu, keluarga bergegas mencari Sudaya ke lokasi tersebut. Namun mereka hanya menemukan sepeda motor, pakaian, dan dompet berisi identitas Sudaya di tepi Danau Batur. Sehingga keluarga memiliki kecurigaan Sudaya tenggelam di Danau Batur.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya