Menarik, Gerindra Dukung PDIP di Karangasem

Koalisi Merah-Putih bersatu di Bumi Lahar

Karangasem, IDN Times- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra mengeluarkan rekomendasi untuk I Gede Dana dari Partai Demokrasi Indonesia (PDIP), dan I Nengah Swadi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karangasem dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. 

Keputusan ini menegaskan Koalisi Merah (PDIP) dan Putih (Gerindra) di Kabupaten Karangsem. Publik menilai hal ini sangat mengejutkan, karena Gerindra di Karangasem diperkuat sembilan kursi di legislatif, dan berpeluang bisa mengusung kader sendiri untuk Pilkada Karangasem.

"Dengan ucapan penuh syukur dan terima kasih banyak atas kepercayaan yang diberikan kepada saya oleh Partai Gerindra," ungkap Ketua DPC PDIP Karangasem, I Gede Dana, Selasa (13/8/2024).

Dirinya menegaskan, bahwa keluarnya rekomendasi ini akan semakin memperkuat Koalisi Merah-Putih dalam menghadapi Pilkada Karangasen. Namun peluang partai lain untuk membentuk koalisi kebangsaan masih sangat terbuka.

"Kami masih sangat terbuka untuk partai lain untuk koalisi," ungkap Gede Dana/

Sementara Ketua DPC Gerindra Karangasem, Nyoman Suyasa, belum bisa memberikan penjelasan terkait keputusannya tidak mengusung kader sebagai calon bupati atau wakil bupati Karangasem. Informasinya, Suyasa masih berada di Jakarta setelah menerima rekomendasi Gede Dana-Nengah Swadi.

1. Nengah Swadi bukan kader partai

Menarik, Gerindra Dukung PDIP di KarangasemI Nengah Swadi. (Dok. IDN Times/istimewa)

Wakil dari Gede Dana, I Nengah Swadi, menjadi sorotan karena berasal dari kalangan nonkader. Walaupun tokoh asal Desa Tulamben, Kecamatan Kubu itu bukan orang baru di perpolitikan Kabupaten Karangasem. Nengah Swadi disebut-sebut sebagai sosok kunci yang membantu memenangkan Gede Dana pada Pilkada 2020 lalu.

2. Beberapa poin dalam rekomendasi Gerindra

Menarik, Gerindra Dukung PDIP di KarangasemRekomendasi Bacabup dan Bacawabup dari DPP Partai Gerindra. (Dok.IDN Times/istimewa)

Ada beberapa poin yang tercantum dalam rekomendasi Gerindra untuk calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem, Gede Dana dan Nengah Swadi. Pertama adalah meminta Gede Dana dan Nengah Swadi untuk terus berkoordinasi dengan pengurus DPD, DPC, PAC, beserta Pimpinan Ranting Partai Gerindra dalam menyusun dan melaksanakan strategi pemenangan di Karangasem.

Mereka juga diharapkan untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas pasangan calon, serta menaati manifesto perjuangan, AD/ART, dan arahan partai. DPP Partai Gerindra juga akan memantau pelaksanaan penugasan ini, dan melakukan evaluasi terhadap rekomendasi jika diperlukan.

3. Pilkada Karangsem berpeluang ada tiga pasangan calon

Menarik, Gerindra Dukung PDIP di Karangasemilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Dengan bersatunya Koalisi Merah-Putih, Pilkada di Karangasem semakin berdinamika. Masih ada ada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati. Selain Gede Dana dan Nengah Swadi, informasinya ada paket Demokrat dan Golkar yang rekomendasinya jatuh kepada Komang Wirawan dan Nengah Sumardi. Berikutnya muncul calon independen, Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya