Hore! Penyeberangan ke Nusa Penida Akan Dibuka Lagi Esok Hari

Tapi ada syaratnya nih guys

Klungkung, IDN Times - Setelah sebulan lebih ditutup, penyeberangan penumpang ke Nusa Penida melalui pelabuhan di pesisir Kusamba akhirnya dibuka, Jumat (5/3) esok. Hanya saja bagi warga yang tidak ber-KTP (Kartu Tanda Penduduk) Klungkung, jika akan menyeberang harus menunjukkan surat keterangan rapid test dengan hasil nonreaktif.

Hore! Penyeberangan ke Nusa Penida Akan Dibuka Lagi Esok HariIDN Times/Wayan Antara

1. Protokol kesehatannya akan dilakukan secara ketat

Hore! Penyeberangan ke Nusa Penida Akan Dibuka Lagi Esok HariIDN Times/Wayan Antara

Penyeberangan penumpang ke Nusa Penida melalui pelabuhan di Kusamba sebenarnya sudah dibuka per 1 Juni 2020. Hanya saja perusahaan penyedia jasa transportasi boat cepat, belum bisa buru-buru beroperasi, karena harus memenuhi beberapa syarat.

"Kalau untuk carter sebenarnya sudah beroperasi,. Hanya saja beberapa perusahaan masih mengurus dokumen yang harus diperpanjang," jelas Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Klungkung, I Nyoman Sucitra, Kamis (4/6).

Penyeberangan ini nantinya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti harus ada pengecekan suhu tubuh, memastikan penumpang mencuci tangan dan mengenakan masker, disinfeksi rutin armada, dan pengangkutan muatan maksimal 50 persen dari kapasitas.

"Para penyedia jasa penyeberangan saat ini tengah menyiapkan itu," ungkap Sucitra.

Baca Juga: Transmisi Lokal Kian Marak, Klungkung Perpanjang Masa Darurat Bencana

2. Warga KTP nonKlungkung harus menunjukkan surat keterangan rapid test nonreaktif

Hore! Penyeberangan ke Nusa Penida Akan Dibuka Lagi Esok HariIlustrasi rapid test. (IDN Times/Mia Amalia)

Sucitra menegaskan, jika ada warga KTP nonKlungkung dan hendak menyeberang ke Nusa Penida, harus menunjukkan surat keterangan rapid test dengan hasil nonreaktif COVID-19. Hal ini untuk menghindari penyebaran transmisi lokal COVID-19 di Nusa Penida.

"Hal ini juga untuk menindaklanjuti protokol kesehatan yang berlaku secara nasional," ungkap Sucitra.

Baca Juga: Dokter Positif COVID-19, RSUD Klungkung Sediakan Kamar Mandi Khusus

3. Penyeberangan nantinya hanya melayani dua keberangkatan

Hore! Penyeberangan ke Nusa Penida Akan Dibuka Lagi Esok HariIDN Times/Wayan Antara

Pengelola perusahaan penyeberangan penumpang yang berpusat di Pelabuhan Tribhuana Kusamba, I Made Sinta, mengungkapkan dirinya mulai beroperasi efektif per Jumat 5 Juni 2020. Normalnya, iamelakukan 10 kali keberangkatan dalam sehari. Tetapi dalam tahap pertama ini, pihaknya hanya melayani dua keberangkatan.

"Ini kan sistem baru, sehingga harus ada tahap simulasinya. Sebagai tahap awal, kami akan layani dua keberangkatan dulu," ujar Made Sinta.

Pihaknya juga harus banyak berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan, terkait pelaksanaan protokol kesehatan yang telah ditetapkan di pelabuhan.

"Nanti setelah mulai beroperasi baru akan ketahuan, bagaimana pelaksanaan protokol di lapangan. Terutama kami mengantisipasi jika ada penumpang yang lolos tanpa dokumen yang telah ditentukan," lanjutnya.

4. Bersyukur boat dapat beroperasi kembali meski belum ada keuntungan

Hore! Penyeberangan ke Nusa Penida Akan Dibuka Lagi Esok HariIDN Times/Wayan Antara

Made Sinta mengaku bersyukur jika boat cepat bisa kembali beroperasi untuk melayani penyeberangan ke Nusa Penida. Ia tidak mempermasalahkan meski ada pembatasan untuk mengangkut penumpang, di mana satu armada maksimal mengangkut penumpang separuh dari kapasitas.

"Jika hitung-hitungan bisnis, tentu kurang menguntungkan karena animo masyrakat untuk menyeberang ke Nusa Penida tetap tinggi. Namun dengan beroperasi kembali, setidaknya pegawai kami bisa memiliki penghasilan. Itu yang kami pikirkan," jelas Made Sinta.

Baca Juga: Bedanya Rapid Test, Swab dan PCR! Lebih Akurat Mana?

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya