Ditinggal Mudik, 8 Kamar Kos Ludes Terbakar

Petugas damkar sempat kewalahan padamkan api

Klungkung, IDN Times- Kebakaran menghanguskan 8 kamar kos-kosan di Jalan Puputan, Kelurahan Semarapura Klod Kangin, Kabupaten Klungkung, Kamis (11/4/2024). Saat kejadian, seluruh kamar kos yang terbakar kosong, karena ditinggal penghuninya mudik.

Kepala Satpol PP dan Damkar Klungkung, Dewa Putu Suarbawa mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 Wita. Bangunan yang terbakar terletak di lantai dua.

"Ada delapan kamar kos di lantai dua, semua ludes terbakar. Fokus kami mencegah agar api tidak merembet ke bangunan lainnya," ujar Suarbawa, Kamis (11/4/2024).

Seorang saksi, Fajar mengungkapkan, awalnya api berasal dari satu kamar di sisi utara. Saat itu, dia sudah melihat asap mengepul dari kamar di lantai dua.

"Kebetulan saya tinggal di lantai satu, dan lihat asap sudah mengepul. Itu di lantai dua semua kosong, karena yang menempati masih mudik," ungkap Fajar.

1. Petugas damkar sempat kewalahan padamkan api

Ditinggal Mudik, 8 Kamar Kos Ludes TerbakarKebakaran rumah kos di Jalan Puputan Klungkung. (Dok. IDN Times/istimewa)

Kepala Satpol PP dan Damkar Klungkung Dewa Putu Suarbawa mengatakan, ada belasan petugas damkar dan 5 unit mobil kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas sempat kewalahan. 

"Saat tiba di lokasi, api sangat besar. Kami upayakan padamkan api dari luar rumah, namun atap bangunan dari seng sehingga air tidak bisa mengguyur api secara menyeluruh," ujar Suarbawa.

Kondisi itu memaksa petugas masuk ke dalam ruangan yang terbakar. Hal itu dilakukan, agar api tidak merembet ke bangunan lainnya. "Kami harus cepat, karena api dengan mudah merembet ke bangunan lainnya. Lokasi di sana padat penduduk, jadi harus diputus jalur apinya," ungkap Suarbawa.

Proses pemadaman api berlangsung sekitar 2 jam, sampai api benar-benar padam. "Kami juga meminta bantuan ke Damkar (Kabupaten) Gianyar," ungkapnya.

2. Delapan kamar kos ludes terbakar

Ditinggal Mudik, 8 Kamar Kos Ludes TerbakarKebakaran rumah kos di Jalan Puputan Klungkung. (Dok. IDN Times/istimewa)

Musibah kebakaran itu menghanguskan 8 kamar kos di lantai dua. Petugas pun berusaha mencegah api merembet ke lantai satu. Namun tidak ada barang-barang berharga yang berhasil diselamatkan di lantai dua.

Kamar kos berserta perabotan rumah dan alat-alat elektronik semua ludes terbakar.  "Bangunan di lantai dua beserta isinya semua ludes terbakar. Kebetulan kamar kos itu sepi, karena penghuninya masih mudik," jelas Suarbawa.

3. Pemilik bangunan alami kerugian ratusan juta

Ditinggal Mudik, 8 Kamar Kos Ludes TerbakarKebakaran rumah kos di Jalan Puputan Klungkung. (Dok. IDN Times/istimewa)

Pemilik bangunan Putu Arya Semadi mengatakan, musibah itu membuatnya mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Bangunan tersebut bangunan lama, karena telah dibangun tahun 1977 silam.

Sementara untuk pemicu kebakaran terjadi belum diketahui, diduga kuat akibat konsleting listrik.

Baca Juga: Pecalang Jaga Salat Idul Fitri di Klungkung

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya