Cuaca Buruk di Karangasem, 2 Rumah Ambruk di Desa Nongan

Penghuni rumah terpaksa mengungsi ke rumah kerabat mereka

Karangasem, IDN Times - Dua rumah warga di Banjar Dinas Segah, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem roboh sekitar pukul 17.40 Wita, Selasa (2/7/2024) lalu. Robohnya bangunan karena dampak cuaca buruk di Karangasem dan sekitarnya selama dua hari berturut-turut. Bahkan hingga Rabu (3/7/2024), hujan masih turun.

Perbekel Desa Nongan, Wayan Daging, menjelaskan kedua rumah itu milik I Nyoman Sukarma (59) dan Made Mawa (57) yang posisi bangunannya bersebelahan.

"Kerugian materiil dari kejadian ini mencapai sekitar Rp45 juta untuk rumah Sukarma, dan sekitar Rp25 juta untuk rumah Made Mawa," ujar Wayan Daging, Rabu (3/7/2024).

Tidak ada luka-luka ataupun korban jiwa dalam peristiwa ini, karena kedua pemilik rumah tidak berada di tempat saat kejadian. Kini, para korban tinggal sementara di rumah kosong milik saudara. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem telah menerima laporan, dan akan memberikan bantuan langsung kepada kedua korban setelah melakukan assessment di lokasi kejadian.

1. Bangunan rumah Sukarma roboh menimpa bangunan Made Mawa

Cuaca Buruk di Karangasem, 2 Rumah Ambruk di Desa NonganBangunan warga di Desa Selat roboh akibat gempa. (Dok. IDN Times/istimewa)

Saat kejadian, wilayah Karangasem dan sekitarnya diguyur hujan cukup deras. Awalnya sebagian tembok rumah Nyoman Sukarma roboh, yang sebelumnya sudah mengalami keretakan. Tidak lama berselang, seluruh atap rumah Sukarma juga ikut ambruk. 

Bangunan milik Sukarma yang ambruk, ternyata juga menimpa rumah Made Mawa yang berada di sebelahnya. Sehingga kedua bangunan rusak parah dan tidak bisa ditinggali.

2. Rumah dalam keadaan sepi saat kejadian, tidak ada luka-luka ataupun korban jiwa

Cuaca Buruk di Karangasem, 2 Rumah Ambruk di Desa NonganRumah roboh akibat cuaca buruk di Karangasem(Dok.IDN Times/istimewa)

Keponakan Sukarma, Ni Komang Devi Lidya Wahyuni, bercerita saat itu Sukarma sedang berada di ladang. Sedangkan Made Mawa tidak berada di rumah karena mengambil sepeda motor di tempat lain. Sehingga peristiwa ini tidak sampai menimbulkan  luka-luka ataupun korban jiwa.

Akibat kondisi rumah yang tidak layak huni, baik Sukarma maupun Mawa tinggal di rumah saudara mereka untuk sementara waktu.

3. Total kerugian mencapai puluhan juta

Cuaca Buruk di Karangasem, 2 Rumah Ambruk di Desa NonganRumah roboh akibat cuaca buruk di Karangasem(Dok.IDN Times/istimewa)

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Karangasem, I Nyoman Soko Wijaya, mengatakan pihaknya telah menerima laporan dua rumah roboh di Desa Nongan. Pihaknya akan segera melakukan assessment di lokasi kejadian.

"Kita juga akan menyerahkan bantuan langsung kepada kedua korban," kata Wijaya.

Kerugian materiil dari kejadian ini mencapai sekitar Rp45 juta untuk rumah Sukarma, dan sekitar Rp25 juta untuk rumah Made Mawa.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya