Blok F Pasar Semarapura Direhab, Bupati: Produk Harus Murni Lokal

Ada yang pernah belanja ke pasar di Klungkung ini?

Klungkung, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung terus berbenah terhadap Pasar Semarapura. Pemkab berharap pasar tersebut nyaman dan aman dikunjungi, serta menjadi pusat aktivitas perekonomian masyarakat ini bisa makin menggeliat dan mendorong pertumbuhan ekonomi warga.

1. Kondisi Blok F Pasar Semarapura rusak berat

Blok F Pasar Semarapura Direhab, Bupati: Produk Harus Murni LokalIDN Times/Wayan Antara

Sebelumnya, Pemkab sudah membangun kembali Blok A Pasar Semarapura dengan menghabiskan anggaran belasan miliar Rupiah. Blok A tersebut kini menyuguhkan situasi nyaman dan aman baik bagi pedagang maupun pengunjung. Giliran tahun ini Pemkab melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan Perdagangan bakal melakukan rehabilitasi Blok F yang berada persis di depan Blok A.

Kondisi Blok F saat ini tergolong rusak berat. Banyak atap bangunan sudah bocor, saat hujan air masuk hingga ke lantai kios pedagang. Selain atap bocor, kondisi sebagian besar kios pedagang juga sudah layak dicat ulang. Karena tembok di sebagian besar kios sudah mengelupas. Kondisi toilet juga sangat parah, mampet sehingga tidak bisa digunakan. Rehabilitasi Blok F Pasar Semarapura ditargetkan selesai awal Desember ini.

Baca Juga: Kader PDIP Menjabat Sebagai Ketua DPRD Klungkung Sementara

2. Rehabilitasi Blok F dianggarkan Rp500 juta

Blok F Pasar Semarapura Direhab, Bupati: Produk Harus Murni LokalIDN Times/Wayan Antara

Kabid Perdagangan, Wayan Mustika, menyampaikan rehabilitasi tersebut meliputi kegiatan, perbaikan atap, pengecatan, penggantian keramik lantai kios, perbaikan rolling door atau pintu, serta perbaikan toilet. Pemkab Klungkung mengalokasikan anggaran Rp500 juta lebih untuk mendukung kegiatan ini.
“Nilai kontraknya sebesar Rp528.790.475. Kegiatannya meliputi perbaikan atap, pengecatan, perbaikan lantai, pintu rolling door dan perbaikan toilet. Atapnya banyak bocor, toiletnya mampet. Rehabilitasi ini agar nyambung dengan Blok A,” ungkap Wayan Mustika, Senin (2/9).

Blok F ini letaknya berada di bangunan lantai dua, berada persis di depan blok A, dan dihuni sebanyak 42 pedagang.

3. Rehabilitasi pasar digarap awal September ini

Blok F Pasar Semarapura Direhab, Bupati: Produk Harus Murni LokalIDN Times/Wayan Antara

Proyek rehab ini mulai dikerjakan awal September ini. Sebab masih menunggu relokasi pedagang ke tempat sementara.

“Relokasi pedagang paling lambat sampai Minggu ini. Setelah semua pedagang pindah, pekerjaan baru dimulai. Waktu pelaksanaannya selama tiga bulan, mudah-mudahan bisa tepat waktu,” ujar pejabat asal Desa Bumbungan ini.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, yang sempat melakukan kunjungan ke Pasar Semarapura belum lama ini, mengingatkan pengelola pasar untuk senantiasa menjaga kebersihan pasar, serta disiplin para pegawai pasar dan pedagang.

Pedagang juga diingatkan untuk menempatkan dagangannya secara rapi dan tidak memenuhi gang atau lorong. Sehingga tidak sampai menganggu pengunjung pasar.

4. Petugas pasar diharapkan sering mengawasi keamanan dan kenyamanan Pasar Semarapura

Blok F Pasar Semarapura Direhab, Bupati: Produk Harus Murni LokalIDN Times/Wayan Antara

Petugas dan pengelola pasar juga diharapkan rajin turun mengawasi keamanan ke tengah pasar, serta menjaga taman supaya tampil hijau dan rindang. Terkait produk yang dipasarkan, Bupati Suwirta berharap murni produk lokal, bukan dari daerah lain.

“Seandainya terdapat produk baru dari daerah lain yang sedang menjadi trend, pengrajin supaya membuat sendiri produk tersebut dengan dukungan dan pelatihan dari pemerintah. Ke depan pemberdayaan UKM lokal Klungkung akan semakin ditingkatkan melalui pembentukan balai diklat UMKM. Nantinya akan diadakan pelatihan, khususnya tentang inovasi dan kreativitas kain lokal,” ujar Bupati Suwirta.

Baca Juga: Bupati Suwirta Dikritik, ini 6 Isi Catatan DPRD Klungkung

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya