Belasan Ribu Pemudik Tinggalkan Bali Melalui Pelabuhan Padangbai

Buat yang mudik, hati-hati di jalan

Karangasem, IDN Times - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, puluhan ribu warga sudah meninggalkan Bali melalui Pelabuhan Padangbai di Kecamatan Manggis, Karangasem. Pemudik menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Pelabuhan Padangbai menjadi akses utama masyarakat yang hendak menyeberang ke NTB. ASDP Pelabuhan Lembar mencatat, dalam kurun waktu tiga hari hingga 7 April 2024, sebanyak 15.898 penumpang yang meninggalkan Bali melalui Pelabuhan Padangbai.

Manager ASDP Pelabuhan Lembar, Agus Djoko Triyanto Senin (8/4/2024) menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar terjadi sejak H-5 Lebaran, atau Jumat (5/4/2024).

"Untuk puncak arus mudik di Pelabuhan Padangbai sudah berlangsung kemarin (7/4/2024), namun hari ini arus pemudik masih cukup padat," ujar Agus Djoko Triyanto.

Baca Juga: Tiang dan Kabel Bikin Semrawut di Karangasem, Hanya 4 yang Berizin  

1. Sebanyak 4.618 sepeda motor dan 731 unit mobil tinggalkan Bali melalui Pelabuhan Padangbai

Belasan Ribu Pemudik Tinggalkan Bali Melalui Pelabuhan PadangbaiAntrean pemudik di Pelabuhan Padangbai. (Dok.IDN Times/istimewa)

Agus Djoko mengungkap, belasan ribu penumpang tersebut menaiki sejumlah kapal yang melayani penyebrangan Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar.

Sementara jumlah kendaraan, roda dua sebanyak 4.618 unit, dan roda empat sebanyak 731 unit. "Jumlah itu sudah terhitung sejak H-5 hingga H-3 Lebaran," ungkap Agus Djoko.

2. Jumlah pemudik diperkirakan masih terus bertambah

Belasan Ribu Pemudik Tinggalkan Bali Melalui Pelabuhan PadangbaiAntrean pemudik di Pelabuhan Padangbai. (Dok.IDN Times/istimewa)

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, peningkatan penumpang saat mudik ini diprediksi masih akan berlangsung sampai H-1 lebaran. Namun penambahan penumpang diprediksi tidak terjadi secara signifikan. 

“Perkiraan kami saat ini (8/4/2024) dan besok (9/4/2024) sudah menurun angka penumpang, tetapi kami tetap siaga untuk antisipasi padatnya penumpang,” ungkap Agus Djoko.

3. Situasi di Pelabuhan Padangbai ramai lancar

Belasan Ribu Pemudik Tinggalkan Bali Melalui Pelabuhan PadangbaiAntrean pemudik di Pelabuhan Padangbai. (Dok.IDN Times/istimewa)

Djoko Agus menambahkan, situasi di Pelabuhan Padangbai, Senin (8/4/2024) pagi hingga sore masih ramai lancar.  Tidak terjadi antrean yang terlalu panjang hingga ke luar pelabuhan. 

Dua tenda yang disediakan masih cukup untuk menampung kendaraan roda dua yang akan menyebrang ke Pelabuhan Lembar. 

Baca Juga: 10 Tempat Beli Hampers Makanan Lebaran di Bali

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya