Pemkab Klungkung Hanya Sanggup Rehab Tanggul Pantai Sepanjang 39 Meter

Lebih dari 11 kilometer garis pantai di Klungkung abrasi

Klungkung, IDN Times - Abrasi telah mengikis sekitar 11 kilometer pesisir pantai di Kabupaten Klungkung. Dari jumlah itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung hanya melakukan penanganan abrasi sepanjang 39 meter pada tahun 2021 mendatang. Yaitu membangun tanggul senilai Rp820 juta di dua lokasi.

1. Rehab tanggul memerlukan biaya Rp820 juta

Pemkab Klungkung Hanya Sanggup Rehab Tanggul Pantai Sepanjang 39 MeterIDN Times/Helmi Shemi

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Klungkung, Komang Gede Darma Susila, menjelaskan penanganan abrasi di Klungkung dilakukan secara bertahap. Tahun 2021 hanya diprioritaskan di dua lokasi di antaranya kerusakan tanggul di areal Pura Batu Medau dan dekat jalan, serta fasilitas air di Dusun Batumulapan.

"Keduanya menjadi skala prioritas," kata Darma Susila, Selasa (15/12/2020).

Masing-masing rehab pembangunan tanggul pantai di belakang Pura Kahyangan Jagat Batu Medau, Kecamatan Nusa Penida yang mengalami jebol. Pagu anggaran perbaikannya sebesar Rp200 juta dengan panjang delapan meter dan tinggi 3,5 meter.

Perbaikan tanggul diprioritaskan karena pangempon pura khawatir jika air laut terus menggerus sisa tanggul, maka akan merusak panyengker dan bagian belakang bangunan pura.

Kemudian rehab pembangunan tanggul di kawasan pantai daerah Dusun Batumulapan, Desa Batunggul, Kecamatan Nusa Penida sebesar Rp620 juta. Tanggul yang direhab sepanjang 31 meter dan ketinggian 3,5 meter.

2. Penanganan abrasi di Klungkung daratan diusulkan ke Balai Wilayah Sungai Bali Penida karena terbatasnya APBD

Pemkab Klungkung Hanya Sanggup Rehab Tanggul Pantai Sepanjang 39 MeterIDN Times/Wayan Antara

Terbatasnya Anggaran Pendapatan Belanda Daerah (APBD) Klungkung, membuat Pemkab mengajukan usulan penanganan abrasi ini ke pemerintah Pusat, melalui Balai Wilayah Sungai Bali Penida.

Ada beberapa titik yang diusulkan, karena garis pantainya sudah mengalami abrasi parah. Yakni pesisir Tegal Besar hingga Lepang sepanjang sekitar 1 kilometer. Anggaran yang diusulkan sekitar Rp30 miliar. Garis pantai ini sudah mengalami abrasi yang parah.

Termasuk pesisir Karangdadi di Desa Kusamba. Abrasinya sampai mengikis lahan penggaraman warga. Pemkab mengusulkan pembangunan tanggul sepanjang 500 meter dengan anggaran sekitar Rp15 miliar.

"Kami hanya bisa mengusulkan, semoga saja direalisasikan tahun 2021 mendatang," harap Darma Susila.

Baca Juga: 60 Persen Orangtua Siswa di Klungkung Ingin Belajar Tatap Muka

3. Sepanjang 26 kilometer garis pantai di Klungkung rawan abrasi

Pemkab Klungkung Hanya Sanggup Rehab Tanggul Pantai Sepanjang 39 MeterIDN Times/Wayan Antara

Darma Susila memaparkan, total panjang garis pantai di Klungkung mencapai 113 kilometer. Sedangkan panjang garis pantai rawan abrasi di Klungkung sekitar 26 kilometer, dan yang masuk kategori telah mengalami abrasi sepanjang 11,47 kilometer.

"Dari beberapa tahun, garis pantai yang sudah tertangani dari abrasi sekitar 14,53 kilometer," katanya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya