Aksi Heroik Nelayan Selamatkan Rekannya yang Terombang-Ambing di Laut

Perahu Ketut Darma diterjang ombak tinggi saat melaut

Karangasem, IDN Times - Aksi heroik dan solidaritas kepada rekan seprofesi ditunjukkan oleh para nelayan di Karangasem, Bali saat mereka bahu-membahu menolong seorang nelayan yang terapung di laut. 

Diketahui, seorang nelayan asal Desa Labasari, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, I Ketut Darma Susila terombang-ambing di perairan Amed, Kamis (26/10/2023) pagi. Ia berusaha bertahan di tengah lautan, dengan berpegangan pada perahunya yang sudah terbalik. Beruntung ada nelayan lain yang melihat kejadian tersebut, sehingga Ketut Darma Susila dapat diselamatkan.

Baca Juga: Merta Yoga Bantu Nelayan Bali Tangkap Ikan Pakai Aplikasi Canggih

1. Perahu Ketut Darma Susila dihantam gelombang tinggi di tengah laut

Aksi Heroik Nelayan Selamatkan Rekannya yang Terombang-Ambing di LautPerahu nelayan asal Karangasem terbalik di Perairan Amed. (Dok.IDNtimes/Istimewa)

Perbekel Desa Labasari I Gede Geria mengatakan, Ketut Darma Susila pergi melaut sekitar pukul 07.45 WITA di sekitar perairan Amed.

Namun saat berada di tengah laut, tiba-tiba angin kencang. Gelombang tinggi saat itu langsung menghantam perahu yang dinaiki Ketut Darma hingga terbalik.

“Beruntung kejadian ini diketahui oleh nelayan lainnya, yang saat itu kebetulan ada di sekitar perairan itu,” ujar Gede Geria, Kamis (26/10/2023).

Setelah perahunya terbalik, Ketut Darma jatuh ke laut. Ia berpegangan erat ke perahu yang terbalik, dan terombang-ambing di laut.

“Sebelum diselamatkan, memang sempat terombang-ambing di laut,” ungkap Gede Geria.

2. Enam nelayan selamatkan Ketut Darma Susila

Aksi Heroik Nelayan Selamatkan Rekannya yang Terombang-Ambing di LautPerahu nelayan asal Karangasem terbalik di Perairan Amed. (Dok.IDNtimes/Istimewa)

Informasi kecelakaan laut yang dialami Ketut Darma dengan cepat menyebar ke nelayan lainnya.

Ada enam nelayan yang berangkat ke perairan Amed, untuk menyelamatkan Ketut Darma.

“Saya dapat informasi ada enam nelayan yang datang menyematkan Ketut Darma. Beruntung warga kami tidak mengalami cedera ataupun luka-luka,” jelas Gede Geria

Tidak hanya menyelamatkan Ketut Darma, enam nelayan itu juga membantu menarik perahu dari Ketut Darma yang sempat terbalik di tengah laut.

“Posisi perahu yang terbalik cukup jauh dari bibir pantai, butuh waktu untuk menarik ke pesisir,” ungkap Gede Geria.

3. Waspadai cuaca tidak menentu di tengah laut

Aksi Heroik Nelayan Selamatkan Rekannya yang Terombang-Ambing di LautIlustrasi gelombang tinggi (IDN Times/Mardya Shakti)

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana mengatakan, pihaknya sebenarnya telah mendapatkan informasi adanya nelayan yang mengalami kecelakaan di perairan Amed.

Ketika hendak berangkat untuk evakuasi, ia mendapatkan informasi lanjutan jika korban sudah diselamatkan nelayan lainnya.

“Kondisi yang bersangkutan (Ketut Darma) dalam kondisi baik. Sudah diselamatkan nelayan lainnya,” ungkap Gusti Eka Wiadnyana.

Pihaknya mengimbau para nelayan untuk tetap mewaspadai cuaca yang tidak menentu di tengah laut.

Baca Juga: Fish Go Bantu Nelayan Tingkatkan Hasil Tangkapan dengan Teknologi

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya