4 Remaja yang Terlibat Balapan Liar di Klungkung Diamankan Polisi

Suwirta minta orangtua lebih awasi siswa selama pandemik

Klungkung, IDN Times - Sekelompok pemuda di Klungkung menggelar balapan liar di By Pass Ida Bagus Mantra, tepatnya di sekitar Watu Klotok, Klungkung. Bahkan aktivitas balapan liar itu menyebabkan kecelakaan. Pada Minggu (24/5), Polres Klungkung pun telah mengamankan empat remaja terkait balapan liar itu.

1. Aksi balap liar dilakukan Jumat malam

4 Remaja yang Terlibat Balapan Liar di Klungkung Diamankan PolisiIlustrasi balap liar. unsplash.com

Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa mengatakan aksi balap liar itu dilakukan Jumat malam (22/5) di Bypass Ida Bagus Mantra. Dari aksi balapan liar tersebut anggotanya mengamankan empat orang pelaku dan empat unit sepeda motor sebagai barang bukti.

Ke depan, pihaknya akan melakukan upaya paksa dengan cara penegakan hukum bila ada lagi anak-anak muda yang melakukan aksi balapan liar. “Dari kejadian ini kami juga memohon agar orangtua benar-benar mengawasi anak-anaknya dengan baik sehingga kejadian seperti tidak terulang lagi,” ungkap Bima Aria, Minggu (24/5).

2. Dua korban mengalami luka-luka

4 Remaja yang Terlibat Balapan Liar di Klungkung Diamankan PolisiSalah satu korban balapan liar di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra ketika tiba di RSUD Klungkung. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Balap liar tersebut juga menyebabkan dua korban mengalami luka-luka dan semuanya masih di bawah umur. Seorang korban merupakan wanita berusia 15 tahun.

Kasat Lantas Polres Klungkung AKP I Made Teja Dwi Permana menjelaskan kecelakaan itu terjadi di Bypass Ida Bagus Mantra wilayah Watu Klotok. Ia menjelaskan, awalnya sepeda motor Honda Scoopy DK 5889 NA yang dikendarai oleh I Kadek CY (16) asal Desa Gelgel bergerak dari barat tujuan ke timur dengan kecepatan tinggi membonceng Ni Made FH (15) yang juga berasal dari Desa Gelgel.

Ni Made FH saat itu sedang merekam aksi rekan-rekannya yang sedang balapan liar. Namun karena Kadek CY yang memboncengnya kurang berhati-hati, sehingga menabrak kendaraan yang melaju di depannya. Mereka pun terpental ke aspal. Saat polisi tiba di lokasi, kedua korban yang dalam keadaan terkapar, dibawa kabur teman-temannya.

"Kadek CY menderita luka lecet di kelopak mata kiri, lecet pipi kiri, lecet lutut kanan dan kiri. Sementara Made FH alami cidera kepala. Mereka dirawat di RSUD Klungkung," ungkap Made Teja Dwi Permana.

3. Kebijakan belajar di rumah yang disalahgunakan

4 Remaja yang Terlibat Balapan Liar di Klungkung Diamankan PolisiIDN Times/Wayan Antara

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengungkapkan aksi balapan liar di Klungkung ini merupakan salah satu imbas dari kebijakan belajar dari rumah yang disalahgunakan oleh siswa. Ke depan ia akan membahas hal ini bersama para kepala sekolah.

"Mari kita jadikan ini pelajaran. Bagi para orangtua mari awasi anak-anak kita karena balapan liar sangat berbahaya," ungkap Suwirta.

Selain para siswa, ternyata tidak sedikit juga yang melakukan aksi balapan liar ini dari kalangan mahasiswa. "Saat kami tanya yang kumpul-kumpul balapan liar itu banyak juga yang mahasiswa," imbuhnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya